Komentar Pelatih Barcelona Usai Tersingkir dari Piala Super Spanyol

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde turut angkat bicara menyusul kekalahan timnya di babak semi final Piala Super Spanyol yang berlangsung di Stadion King Abdullah Sports Center, Jeddah, Arab Saudi pada Kamis, 9 Januari 2020 waktu setempat atau Jumat dini hari WIB. Barcelona harus mengakui keunggulan Atletico Madrid dengan skor 2-3.

Menurut Valverde timnya dirugikan oleh VAR. menurutnya dalam tayangan ulang bisa dilihat bahwa wasit tidak seharusnya menganulir gol-gol tersebut.

“Jika kita melihat gambar-gambar di layar monitor, saya tidak merasa ada pelanggaran offside yang dilakukan Arturo Vidal,” beber Valverde.

Lebih lanjut pelatih asal Spanyol itu menilai VAR seharusnya bisa lebih adil dalam menilai. “Itu terlihat dia berada satu atau dua milimeter di depan. Sangat sulit memiliki lini sempurna di antara dua pemain,” sambungnya. VAR seharusnya lebih adil,” tegasnya.

Sementara itu penyerang Barcelona, Antoine Griezmann mengatakan timnya tidak bisa menyalahkan VAR sepenuhnya. Ia menilai mantan klubnya itu tampil penuh energi.

“Saya tak bisa menjelaskan kesalahan apa yang kami perbuat. Namun pada akhirnya mereka (Atletico) tampil lebih penuh energi dan kami harus membayar itu,” beber Griezmann.

Lebih lanjut pemain asal Prancis itu mengatakan mereka harus mengevaluasi permainan untuk mempersiapkan pertandingan berikutnya. Ia menegaskan mereka akan bangkit setelah kekalahan ini.

“Kami harus menonton pertandingan kembali dan bekerja keras untuk meningkatkan performa kami. Jika kami bisa melakukannya kami akan bangkit,” lanjutnya.

VAR, demikian Griezmann, mengandung dua sisi. Terkadang kehadirannya bisa menguntungkan bisa pula sebaliknya.

“Kami memiliki VAR untuk membantu sepak bola. Kadang-kadang itu menguntungkanmu dan kadang-kadang itu merugikanmu. Namun itulah yang terjadi kini,” lanjutnya.

Ia juga menegaskan kekalahan ini tidak lepas dari kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan. Ia menegaskan timnya tidak boleh lagi mengulangi hal serupa.

“Kami sudah membuat sebuah langkah maju pada hari meski kalah, tapi kami sadar bahwa kami tidak melakukan hal-hal seperti yang kami inginkan. Kami tidak ingin lagi membuat kesalahan kekanak-kanakan lagi,” tegasnya.

Sementara itu tekanan kepada Valverde dari para penggemar Barcelona meningkat. Meski begitu para pemain Barcelona tetap menilai positif kehadiran pelatih asal Spanyol itu. Bahkan beberapa pemain penting mengatakan mereka masih menaruh kepercayaan kepada Valverde.

“Ya, kami bekerja bersama-sama agar lebih baik. Kami tidak bermain bagus pada akhir-akhir ini dan mesti kembali ke penampilan terbaik kami, sekalipun kami adalah pemimpin [LaLiga],” tegas Lionel Messi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *