Indonesia Dapat Pengalaman Berharga dari FIBA Asia Cup 2022

Indonesia memang tak bisa melaju hingga ke pentas FIBA World Cup 2023. Langkah Merah Putih terhenti di playoff perempat final FIBA Asia Cup 2022. Indonesia yang berlaku sebagai tuan rumah kalah dengan skor mencolok, 58-108 dari raksasa Asia, China.

Hasil minor di Istora Senayan, Jakarta itu menjadi pelajaran berharga bagi timnas Indonesia. Sebagaimana dikaui salah satu pilar Indonesia, Marques Bolden, pertandingan ini memberi mereka banyak masukan berarti.

“Laga sangat berat, banyak yang dipertaruhkan di laga ini, yaitu tiket menuju Piala Dunia. Namun, sedih juga rasanya kalah dengan skor besar seperti ini di hadapan para fans,” beber Marques.

Lebih lanjut pemain kelahiran 1998 yang sudah mengenyam pengalaman internasional itu menyesali timnya tak bisa menerapkan semua strategi. Beberapa hal yang harus dibenahi di antaranya soal tempo permainan.

“Sebenarnya masih banyak yang harus kami lakukan sebenarnya. Misalnya, dari segi permainan banyak yang harus kami hindari, seperti melambat ketika lawan main cepat. Itu tidak boleh dilakukan,” sambungnya.

Walau demikian, Marques menilai hal-hal tersebut menjadikan pelajaran bagi para pemain Indonesia. Pengalaman tampil di hadapan penggemar sendiri di ajang akbar seperti itu akan meninggalkan kesan tersendiri.

“Kesalahan-kesalahan di ajang ini bisa dijadikan bahan evaluasi untuk tim kami, apalagi kami ditonton juga oleh para fans. Sesuatu yang mungkin tak akan kami dapatkan di FIBA Asia selanjutnya. Intinya, masih banyak yang harus kami benahi.”

Indonesia tidak hanya mendapat pelajaran dari China. Kekalahan dari Australia di babak penyisihan Grup A dengan skor 53-78 dan takluk dari Yordania 65-74. Satu-satunya kemenangan diraih atas Arab Saudi dengan skor 80-54.

Marques yang kini berusia 24 tahun mengakui Indonesia memiliki potensi menjadi lebih baik di masa mendatang.

“Dengan potensi yang kami miliki, saya tidak sabar melihat perkembangan skuad ini di masa depan. Saya senang kami mendapatkan pengalaman berharga di ajang ini. Meski kami kalah yang penting kami sudah berusaha maksimal.”

Ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para pendukung yang memotivasi mereka secara langsung maupun di sosial media.

“Saya juga berterima kasih kepada fans yang mendukung kami di arena. Kami sudah mencoba yang terbaik tapi ya hasilnya seperti itu,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *