Imbang Tanpa Gol di Kandang Ukraina, Italia Segel Tiket Euro 2024

Tidak mudah bagi Italia menghadapi Ukraina di matchday 10 Kualifikasi Euro 2024 Grup C yang berlangsung di BayArena, Jerman apda Selasa, 21 November 2023.

Pertandingan itu berakhir dengan skor imbang. Tidak ada gol tercipta di laga yang berlangsung intens ini.

Berkat hasil seri ini, Italia pun memastikan diri lolos ke putaran final yang akan digelar di Jerman pada pertengahan tahun depan.

Italia akhirnya merebut status runner-up dari Ukraina yang sebelumnya juga memiliki peluang lolos yang sama.

Sejatinya, kedua tim bertarung memperebutkan satu tiket lolos otomatis sebagai runner-up Grup C. Kedua tim mengemas jumlah poin yang sama. Namun, Italia unggul selisih gol.

Bila Italia menang maka otomatis mendapat satu tempat di Jerman nanti. Begitu juga Ukraina.

Bagaimana bila imbang? Italia akan berhak lolos. Sementara Ukraina butuh tiga poin untuk mengandaskan harapan Gli Azzurri.

Pelatih Ukraina, Serhiy Rebrov memberikan komentar terkait jalannya pertandingan, terutama soal keputusan wasit yang tidak memberikan mereka penalti di babak tambahan setelah Bryan Cristante diduga melanggar Mykhaylo Mudryk di kotak terlarang. Sayangnya, wasit Jesus Gil Manzano tidak menilainya sebagai pelanggaran.

“Saya pikir itu penalti, tetapi ada wasit dan VAR, bukan kami yang memutuskan. Wasit tidak dipanggil untuk memverifikasi rekaman,” tandas Rebrov.

Rebrov sebenarnya menilai timnya pantas mendapatkan penalti. Sayangnya, wasit tak mengindahkan termasuk meminta bantuan VAR.

“Dalam pandangan saya, itu adalah tendangan penalti. VAR tidak menganggapnya tepat untuk memanggil wasit di depan layar.”

Ia menyadari tidak mudah bagi mereka untuk menghadapi Italia yang mendominasi pertandingan sejak awal.

“Itu adalah pertandingan yang sulit sejak awal. Kami bermain bertahan di babak pertama, kemudian mulai menekan dan melakukan serangan balik. Para pemain terlihat sedih di ruang ganti, saya berbicara kepada mereka, itu adalah penampilan yang bagus.”

Ia pun terus memberikan semangat kepada para pemain yang begitu kecewa dengan hasil akhir.

“Tetapi kami memahami bahwa kami tampil sebagai negara yang sangat kuat dan saya pikir hari ini di lapangan semua pemain menunjukkan bahwa kami memiliki karakter dan kami berjuang untuk negara kami,” tegasnya.

Susunan pemain Ukraina versus Italia:

UKRAINA (4-1-4-1): Anatolii Trubin; Yukhym Konoplia (86′ Tymchyk), Oleksandr Svatok (90′ Malinovskyi), Illia Zabarnyi, Vitalii Mykolenko; Taras Stepanenko (80′ Pikhalyonok); Viktor Tsygankov (80′ Zubkov), Heorhii Sudakov, Oleksandr Zinchenko (86′ Sikan), Mykhailo Mudryk; Artem Dovbyk.

ITALIA (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Francesco Acerbi, Alessandro Buongiorno, Federico Dimarco; Davide Frattesi, Jorginho (71′ Cristante), Nicolo Barella; Nicolo Zaniolo (71′ Politano, 90′ Darmian), Giacomo Raspadori (46′ Scamacca), Federico Chiesa (81′ Moise Kean).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *