Imbang 1-1 di Markas Bayern, Manchester City ke Semifinal Liga Champions 2022/2023

Manchester City berhasil mengunci satu tempat di babak semifinal Liga Champions 2022/2023.

Di pertandingan leg kedua babak perempat final yang digelar di Allianz Arena pada Kamis, 20 April 2023 dini hari WIB, City mengimbangi tuan rumah Bayern Muenchen dengan skor 1-1.

Hasil seri ini lebih dari cukup mengantar City ke babak berikutnya dengan keunggulan agregat 4-1 setelah di leg pertama di Etihad Stadium menang tiga gol tanpa balas.

Di laga tandang ini, City lebih dahulu memimpin berkat gol Erling Haaland. Tuan rumah menyamakan kedudukan di paruh kedua melalui sepakan penalti Joshua Kimmich.

Ambisi City mengakhiri puasa gelar Liga Champions mendekati kenyataan. Tersisa dua tim lagi yang harus disisihkan.

Lawan mereka di semifinal adalah Real Madrid, sang juara bertahan. City punya kenangan buruk atas Madrid.

Pelatih City, Pep Guardiola menegaskan mereka harus belajar dari pertemuan sebelumnya dan jangan sampai lengah.

“Sejujurnya saya senang kami bisa lolos ke semifinal dalam tiga musim beruntun, hasil yang kami raih (melawan Bayern) tak menunjukkan apa yang sesungguhnya terjadi di lapangan,” beber Guardiola.

Pelatih asal Spanyol itu angkat topi dengan kualitas Bayern Muenchen yang bagus dalam strategi dan fisik.

“Mereka (Bayern) sangat bagus, dalam urusan fisik, ide permainan. Saya selalu terkesan saat melawan mereka tapi kompetisi ini selalu soal detail. Kami ada di posisi yang berlawanan tahun lalu saat melawan Madrid.”

Hanya saja patut diakui City pun tampil gemilang dalam segala aspek, baik pertahanan maupun penyerangan.

“Malam ini kami amat solid, bertahan dengan bagus. Kami mengalami kemajuan pesat di sektor ini. Saya tak merasa kami lebih baik dari Bayern. Seperti halnya kami tak merasa Real Madrid lebih baik dari kami. Ini seperti dua sisi koin.”

Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu menegaskan bila mereka ingin menjadi juara Eropa maka wajib mengalahkan Madrid.

“Semua klub punya perasaan jika mereka ingin memenangi Liga Champions, mereka harus mengalahkan Real Madrid,” tutupnya.

Susunan Pemain Bayern Muenchen versus Manchester City:

Bayern Munchen: Yann Sommer; Benjamin Pavard (Josip Stanisic 77′), Dayot Upamecano, Matthijs de Ligt, Joao Cancelo (Alphonso Davies 63′); Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Leroy Sane (Sadio Mane 63′), Jamal Musiala (Thomas Muller 71′), Kingsley Coman; Eric Choupo-Moting (Mathys Tel 71′).

Pelatih: Thomas Tuchel.

Manchester City: Ederson; Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake (Aymeric Laporte 66′); John Stones, Rodri; Bernardo Silva, Kevin De Bruyne (Kyle Walker 84′), Ilkay Gundogan, Jack Grealish; Erling Haaland (Julian Alvarez 84′).

Pelatih: Pep Guardiola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *