Hadapi Vietnam di Pertandingan Kedua Piala Asia 2023, Shin Tae-yong: Tidak Ada Pilihan Lain selain Menang

Tim nasional Indonesia akan menjalani pertandingan menentukan di penyisihan grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda akan mengghadapi timnas Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Jumat, 19 Januari 2023 malam WIB.

Laga ini sangat penting bagi kedua tim yang sama-sama menelan kekalahan di pertandingan pertama.

Indonesia takluk 1-3 dari Irak, sementara Vietnam dipecundangi Jepang dengan skor 2-4.

Jelas, kedua tim sama-sama mengincar kemenangan demi menjaga peluang ke babak 16 besar.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mengaku target mereka adalah memenangi pertandingan itu.

“Kami sudah sering bertemu dengan Vietnam. Tidak hanya di Piala Asia tetapi juga bertemu di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia dan Vietnam sama-sama kalah di laga perdana. Untuk itu, besok tidak ada pilihan lain selain menang,” tandas Shin Tae-yong melansir situs resmi PSSI.

Terkait strategi yang akan dipakai, pelatih asal Korea Selatan itu menyebut tidak akan banyak perubahan gaya bermain disbanding laga pertama. Hanya saja ia menjamin timnya akan tampil lebih baik.

“Saya pastikan laga esok akan lebih baik, kami punya pemain lain yang belum dimainkan. Saya punya gaya sendiri di sepak bola dan selalu mencoba untuk menempatkan sebaik mungkin. Kami punya waktu terbatas tetapi kami selalu berkembang dengan instruksi saya,” tambahnya.

Peluang Indonesia untuk menang jelas terbuka. Tidak ada pilihan lain lantaran di pertandingan terakhir akan menghadapi raksasa Asia, Jepang.

Optimisme juga dihembuskan pemain Indonesia. Pemain belakang, Jordi Amat mengaku timnya siap meraih poin penuh kontra Vietnam.

“Laga melawan Vietnam besok akan jadi sangat penting bagi timnas Indonesia. Kami semua menyadari itu, betapa pentingnya pertandingan ini buat negara, buat suporter, buat pemain, ofisial dan semuanya,” tegas Jordi Amat.

Lebih lanjut, ia mengakui motivasi yang sama diusung kedua tim. Karena itu pihaknya harus bekerja keras.

“Kedua tim ingin menang. Jadi kita akan berusaha dan bekerja keras serta ingin menampilkan performa terbaik untuk laga esok,” tambahnya.

Terkait pertandingan pertama kontra Irak, pemain yang berkarier di Malaysia itu menyebutnya bukan sebagai penampilan terbaik. Ia pun sangat menyesal mereka harus menelan pil pahit.

“Setelah kekalahan tersebut, kami sudah melakukan evaluasi dan membaik setiap harinya. Kami punya pekerjaan besar besok melawan Vietnam, mereka bermain baik di babak pertama saat melawan Jepang. Untuk itu, kami harus bisa memberikan permainan yang terbaik dan besok kami bisa menang,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *