Ditekuk PSG 1-2, Juventus Terlempar ke Liga Europa

Nasib buruk harus ditanggung Juventus. Alih-alih berbicara banyak di Liga Champions Eropa, Bianconeri justru terlempar ke Liga Europa.

Juventus gagal memetik kemenangan di laga terakhir penyisihan Grup H saat menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Allianz Stadium pada Kamis, 3 November 2022 dini hari WIB.

Juventus harus mengakui keunggulan tim tamu dengan skor 1-2. Satu-satunya gol tim tamu dicetak oleh Leonardo Bonuci di menit ke-39.

Gol bek senior asal Italia itu untuk merespon gol cepat Kylian Mbappe di menit ke-13. Sayangnya, justru PSG yang mampu mencetak gol tambahan. Aksi Nuno Mendes tak lama setelah masuk lapangan berujung gol di menit ke-69.

Nyonya Tua sempat menyamakan kedudukan di menit ke-78 melalui Manuel Locatelli. Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit lantaran menilai sang pemain lebih dahulu terjebak offside.

Meski menang, PSG tetap tak bisa merengkuh status juara grup. PSG mengemas 14 angka, kalah selisih gol dari Benfica yang berhak atas posisi teratas. Sementara itu, Juventus mengakhiri musim ini di posisi ketiga dengan tiga angka dan harus bertarung di liga “malam Jumat.”

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri justru menunjukkan sikap berbeda. Baginya, Juventus tetap dianggap tampil bagus meski hasil tidak sesuai harapan.

“Kami bermain bagus, sangat disayangkan dengan hasilnya,” tandasnya.

Pelatih asal Italia itu menegaskan setelah gagal ke 16 besar Liga Champions, fokus mereka kini adalah bersaing di kompetisi domestik.

“Kami ke Liga Europa dan mulai esok kami membuka lembaran baru untuk fokus ke Serie A. Kami harus bersemangat, marah dan segera kembali bekerja.”

Ia mengakui tersingkir lebih awal dari Liga Champions membuat para penggemarnya terbelah. Ada yang tetap bersyukur, namun ada juga yang kecewa.

“Ada bagian dari kami yang harus puas mencapai spot Liga Europa. Akan tetapi, bagian lainnya harus marah, karena kami tidak bisa membiarkan tim tereliminasi begitu saja.”

Allegri juga memberi respon positif kepada Federico Chiesea yang kembali dari cedera panjang 10 bulan lamanya.

“Dia menjalani sesi latihan yang baik kemarin. Saya memiliki sedikit keraguan mengenai kekuatan mental dia setelah berbulan-bulan absen. Namun, dia terlihat kalem dan fokus, jadi saya merasa terinspirasi untuk membawanya.”

Susunan pemain Juventus versus Paris Saint-Germain (PSG):

Juventus (3-5-1-1): Wojciech Szczesny; Frederico Gatti, Leonardo Bonucci, Alex Sandro; Juan Cuadrado, Nicolo Fagioli, Manuel Locatelli, Adrien Rabiot, Filip Kostic; Fabio Miretti; Arkadiusz Milik.

Pelatih: Massimiliano Allegri

Paris Saint-Germain (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Achraf Hakimi, Sergio Ramos, Marquinhos, Juan Bernat; Marco Verratti, Fabian Ruiz, Vitinha; Lionel Messi, Carlos Soler, Kylian Mbappe.

Pelatih: Christophe Galtier

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *