Tampil Jelek Saat Mengalahkan Zurich, Arsenal ke 16 Besar Liga Europa

Arsenal berhasil memetik kemenangan di laga terakhir fase Grup A Liga Europa 2022/2023. Menghadapi tamunya FC Zurich di Emirates Stadium pada Jumat, 4 November 2022 dini hari WIB, The Gunners menang satu gol tanpa balas.

Gol tunggal kemenangan tuan rumah dicetak oleh Kieran Tierney di menit ke-17. Permainan Meriam London mendapat kritikan. Mereka dinilai tidak tampil bagus.

Meski menguasai bola dengan “ball possession” 56 persen dan memiliki 17 kesempatan melepaskan tembakan, hanya satu yang berbuah gol.

Namun demikian, kemenangan tipis dari performa yang jelek ini lebih dari cukup mengantar armada Mikel Arteta ke babak 16 besar. Arsenal yang finis sebagai pemuncak Grup A tak perlu menjalani pertandingan play-off menghadapi salah satu dari delapan tim yang terdepak dari Liga Champions.

“Saya sangat senang menang di sini melawan tim yang telah memenangi 14 pertandingan berturut-turut (dalam laga kandang di Eropa). Kami datang ke sini sebagai tim ke-15 dan memenanginya. Kami sudah membicarakan ini selama beberapa hari dan telah melakukannya,” beber pelatih Arsenal, Mikel Arteta usai timnya mengalahkan FC Zurich.

Meski demikian, pelatih asal Spanyol itu mengakui timnya harus membenahi sejumlah hal. Sebagaimana terlihat di paruh kedua, The Gunners harus mengerjakan beberapa PR agar bisa maksimal di babak knock out.

“Pada babak kedua, ada banyak hal yang harus diperbaiki. Kami tahu itu. Tapi para pemain pantas mendapatkan pujian atas upaya mereka.”

Kapten Arsenal, Martin Odegaard mengakui timnya tidak tampil dalam performa terbaik. Ia sadar akan hal itu dan merasa jengkel tidak bisa memaksimalkan setiap kesempatan.

“Kami tahu apa yang akan terjadi di pertandingan ini. Agak menjengkelkan karena kami tidak menguasai bola lebih banyak, dan kami melewatkan beberapa peluang, tetapi yang paling penting adalah kami menang,” tegas mantan pemain depan Real Madrid itu.

Susunan pemain Arsenal versus Zurich:

Arsenal (4-4-2): 1-Ramsdale; 4-White (18-Tomiyasu 73′ [17-Soares 88′], 16-Holding, 6-Gabriel, 3-Tierney; 21-Vieira (8-Oedegaard 73′), 25-Elneny (5-Partey 63′), 23-Sambi Lokonga, 24-Nelson; 9-Jesus (7-Saka 63′), 14-Nketiah.

Zurich (4-3-3): 25-Brecher; 19-Boranijasevic, 2-Kamberi, 24-Kotic, 6-Aliti (9-Santini 89′); 17-Conde, 8-Selnaes (16-Hornschuh 77′), 3-Guererro; 23-Rohner (10-Marchesano 46′), 11-Okita, 15-Tosin (20-Viunnyk 78′).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *