Dikritik Usai Inggris Dipermalukan Hungaria, Ramai-ramai Pasang Badan untuk Southgate

Tim nasional Inggris menderita kekalahan telak empat gol tanpa balas dari Hungaria di matchday keempat UEFA Nations League beberapa waktu lalu. Alhasil, The Three Lions kini mendekam di dasar klasemen.

Buntut dari kekalahan itu, pelatih Inggris, Gareth Southgate menjadi sasaran kritik. Banyak pihak yang menyerang sang pelatih.

Walau begitu, banyak pihak tak segan pasang badan bagi sang pelatih. Raheem Sterling ikut membela sang pelatih. Menurut pemain Manchester City itu, hasil buruk di UEFA Nations League bukan patokan untuk menilai kinerja Southgate.

“Saya terus mengatakan ini dalam beberapa laga terakhir, Anda tidak bisa dinilai dari itu. Jika Anda melihat langkah-langkah yang dia buat dalam berbagai turnamen terakhir, semifinal dan final, saya pikir hasil-hasil buruk di UEFA Nations League bukanlah sesuatu yang bisa kita nilai darinya,” beber Sterling.

“Dia memimpin kami dengan sangat baik. Dia menunjukkan jalannya kepada kami, dia membantu kami menjadi dewasa dari pemain muda hingga pemain senior di ruang ganti.”

Tidak hanya itu. Mantan pemain Liverpool itu menilai rentetan hasil minor itu tidak lepas dari keputusannya untuk memberi kesempatan kepada para pemain muda.

“Dia melakukan itu sekarang dengan banyak pemain muda dan dia mencoba memastikan setiap orang memiliki pengalaman yang cukup ketika kami mencapai waktu yang tepat, sehingga kami semua siap.”

Legenda Liverpool, Jamie Carragher juga ikut membela Southagete. Mantan bek tim nasional Inggris itu membungkam para pengkritik untuk tidak membicarakan hal yang sesungguhnya tidak mereka pahami.

“‘You don’t know what you’re doing’. Diamlah kau para badut. Manajer ini telah membawa negara dalam dua turnamen ke posisi terbaik sejak 1966,” beber Carragher melalui akun Twitter pribadinya.

Menurutnya, Southagate sudah memberikan banyak pengaruh positif bagi skuad Inggris.

“Juga gagasan bahwa Southgate menahan tim ini adalah omong kosong, skuad saat ini tidak lebih baik daripada 2004/6 1996/98.”

Carragher pun meminta para pengkritik untuk kembali ke kehidupan mereka dan mengurus diri sendiri ketimbang menyoroti sepak terjang Southgate.

“Southgate sudah meraih prestasi meskipun dengan undian yang menguntungkan. Istirahatlah anak-anak dan kembalilah ke level normal kalian,” tutup Jamie Carragher.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *