Belotti dan Dybala Tentukan Kemenangan Roma Atas Salzburg di Liga Europa 2022/2023

AS Roma akhirnya keluar dari kesulitan di play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023. Serigala Roma mampu menyingkirkan Salzburg untuk menggapai babak 16 besar.

Roma dalam posisi kurang ideal menghadapi laga kedua setelah tertinggal 0-1 di Austria. Namun, memanfaatkan status sebagai tuan rumah, Roma berhasil membalikkan keadaan berkat kemenangan dua gol tanpa balas.

Berkat kemenangan di Stadio Olimpico ini, Roma berhak lolos dengan keunggulan agregat 2-1.

Pahlawan kemenangan Roma adalah Andrea Belotti dan Paulo Dybala yang masing-masing menyumbang satu gol di menit ke-33 dan 40.

Gol pertama berawal dari pergerakan Spinazzola yang memberikan umpan tarik ke kotak penalti. Solet membelokkan bola yang justru mengarah ke Belotti yang menyambutnya dengan tandukan mematikan.

Kurang dari sepuluh menit kemudian giliran Dybala yang mencatatkan namanya di papan skor. Mantan pemain Juventus itu berhasil menuntaskan umpan Spinazolla dengan tembakan keras tanpa bisa digagalkan kiper tim tamu, Philipp Kohn.

Pelatih Roma, Jose Mourinho sangat senang dengan hasil ini. Ia angkat topi dengan kinerja mereka sebagai sebuah tim yang solid.

“Rasanya luar biasa Roma mendapatkan hasil penting tapi juga menyelesaikan performa di semua level. Sekali lagi, ini merupakan sebuah tim, grup yang bersatu dalam solidaritas dan empati. Saya menyukai semua itu,” beber pelatih asal Portugal itu.

Pria berjuluk The Special One itu senang karena beberapa pemain pengganti mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Salah satunya adalah Stephan El Shaarawy yang menjadi pelapis Tammy Abraham yang tengah dibekap cedera.

Mourinho tidak menafikan kualitas Salzburg yang merupakan jebolan Liga Champions. Kemenangan ini menjadi semakin istimewa.

“Saya sangat senang dengan semangat tim ini. Itu adalah kemenangan melawan tim yang berasal dari Liga Champions, yang benar-benar punya kualitas,” tegas mantan pelatih Real Madrid, Inter Milan, FC Porto, dan Manchester United itu.

Siapa lawan Roma berikutnya? Kita menanti undian babak 16 besar Liga Europa dalam waktu dekat nanti.

Susunan pemain AS Roma versus Salzburg:

AS Roma (3-4-3): Rui Patricio; Gianluca Mancini, Chris Smalling, Ibanez; Nicola Zalewski (81′ Rick Karsdorp), Bryan Cristante, Nemanja Matic, Leonardo Spinazzola; Paulo Dybala, Andrea Belotti, Lorenzo Pellegrini (81′ Georginio Wijnaldum).

Pelatih: Jose Mourinho.

Salzburg(4-3-1-2): Philipp Kohn; Amar Dedic (75′ Van Der Brempt), Oumar Solet, Bernardo, Andreas Ulmer; Nicolas Capaldo, Lucas Gourna Douath, Nicolas Seiwald (75′ Oscar Gloukh); Maurits Kjaergaard (46′ Luka Sucic); Chukwubuike Adamu (74′ Benjamin Sesko), Noah Okafor.

Pelatih: Matthias Jaissle.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *