Belanda Menang Telak di Laga Uji Coba Kontra Georgia

Tim nasional Belanda memetik kemenangan telak di laga uji coba menghadapi Georgia. Pertandingan pemanasan jelang EURO 2020 yang digelar di DE Grolsch Veste pada Minggu, 6 Juni 2021 itu berakhir dengan skor 3-0 untuk keunggulan Der Oranje.

Tiga gol Belanda dibuka oleh Memphis Depay saat pertandingan belum genap 10 menit. Gol ini terjadi melalui titik putih setelah Denzel Dumfries dilanggar di kotak penalti. Depay yang digosipkan akan berseragam Barcelona itu berhasil menjalankan tugas dengan baik.

Sementara itu gol kedua terjadi di menit ke-55. Kali ini Depay berperan penting sebagai pemberi umpan pada Wout Weghorst. Ryan Gravenberch pun turut mencatatkan Namanya di papan skor untuk mengunci kemenangan Belanda di menit ke-76.

Lagi-lagi gol ini berawal dari upaya Depay. Sepakan keras Depay yang memantul tak disia-siakan oleh pemain jebolan ajademi Ajax Amsterdam itu.

Kemenangan Belanda ini tentu menjadi modal penting sebelum tampil di putaran final Piala Eropa yang akan segera bergulir. Namun, saudara pelatih Belanda, Frank de Boer yang Bernama Ronald de Boer justru melayangkan kritik.

Ronald menyoroti formasi yang diterapkan di pertandingan itu terutama di tengah pertandingan dari 4-3-3 menjadi 3-5-2.

Ronald mengatakan perubahan formasi itu bisa membuat Johan Cruyff dari kubur. Sebagaimana diketahui Cruyff merupakan penemu dan pelopor skema 4-3-3 yang menjadi ciri khas permainan Belanda selama ini.

“Skema 5-3-2? Johan Cruyff  akan bangkit dari kuburnya. Situasinya akan serupa jika Cruyff melihat Barcelona asuhan Ronald Koeman.”

Lebih lanjut Ronald yang juga pernah bermain untuk timnas Belanda mengatakan bahwa 3-5-2 adalah pilihan yang menggiurkan.

“Skema 3-5-2 adalah opsi yang menggiurkan, tetapi itu adalah soal bagaimana menerjemahkannya.”

Susunan Pemain Timnas Belanda versus Georgia:

Belanda (3-5-2): Maarten Stekelenburg; Daley Blind (Nathan Ake 46′), Stefan de Vrij, Jurrien Timber (Steven Berghuis 77′); Owen Wijndal (Patrick van Aanholt 73′), Frenkie de Jong (Ryan Gravenberch 66′), Georginio Wijnaldum (Davy Klaassen 66′), Marten de Roon, Denzel Dumfries; Memphis Depay, Wout Weghorst (Donyell Malen 66′).

Pelatih: Frank de Boer

Georgia (4-2-3-1): Giorgi Loria; Otar Kakabadze, Guram Kashia, Lasha Dvali, Guram Giorbelidze; Davit Khocholava (Jambul Jigauri 66′), Valeriane Gvilia (Nika Kvekveskir 78′); Giorgi Aburjania (Murtaz Daushvili 78′), Otar Kiteishvili (Sergo Kukhianidze 88′), Saba Lobzhanidze (Zuriko Davitashvili 46′); Budu Zivzivadze (Georges Mikautadze 66′).

Pelatih: Willy Sagnol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *