Pelatih Vietnam Waspadai Kekuatan Indonesia

Tim nasional Indonesia dan timnas Vietnam bertemu di pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia. Duel ini digelar di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021) malam WIB.

Dibanding pertemuan pertama di Bali dua tahun lalu, situasi sudah berubah, terutama di tubuh timnas Indonesia. Selain kehadiran pelatih baru, mayoritas pemain yang dipersiapkan untuk laga ini adalah muka baru disbanding skuad yang diturunkan di pertemuan sebelumnya. Hanya ada satu pemain tersisa untuk laga ini.

Situasi ini sangat diwaspadai pelatih Vietnam, Park Hang-seo. Pelatih asal Korea Selatan itu sangat memperhatikan detail skuad Indonesia.

“Skuad Indonesia telah banyak berubah dibandingkan dengan leg pertama, dengan hanya satu pemain tersisa. Terakhir kali mereka memiliki pemain yang dinaturalisasi, tetapi sekarang tidak ada pemain yang naturalisasi lagi. Pelatih juga pelatih baru,” beber Park.

Di pertemuan sebelumnya Indonesia menderita kekalahan 1-3. Tiga gol Vietnam di laga itu dicetak oleh Do Dyun Manh, Que Ngoc Hai, dan Nguyen Tien Linh. Satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Irfan Bachdim.

“Saat ini, setahu saya mayoritas pemain Indonesia berasal dari angkatan yang berlaga di SEA Games tahun lalu dan ada tambahan sekitar 7-8 pemain. Ini adalah tim muda dengan semangat juang yang tinggi.”

Selain itu, pelatih Vietnam juga mewaspadai ledakan timnas Indonesia yang berhasil mengejutkan Thailand beberapa waktu lalu. Skuad Garuda berhasil mengimbangi Thailand dengan skor 2-2.

“Saya pikir pelatih Shin Tae-yong melakukan pekerjaan yang sangat baik, ditunjukkan oleh fakta bahwa Indonesia menjaga keseimbangan yang baik antara serangan dan pertahanan.”

Sementara itu pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan timnya bisa tampil lebih baik di pertandingan ini. Ia menilai kerja keras dan semangat tinggi yang telah ditunjukkan para pemain muda di laga kontra Thailand bisa memacu mereka untuk bermain lebih baik.

“Para pemain muda sudah bekerja keras pada laga pertama melawan Thailand. Sebetulnya melawan Vietnam akan menjadi laga yang lebih susah dari Thailand.”

Pelatih yang juga berasal dari Korea Selatan itu mengatakan Vietnam kini berkembang pesat. Sejak ditangani kolega asal Negeri Ginseng itu, Vietnam mampu berbicara banyak di sejumlah level turnamen.

“Tetapi pada laga pertama pemain kami sangat bekerja keras dan sudah mulai percaya diri. Jadi saya percaya laga lawan Vietnam akan lebih baik,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *