Alasan Chambly Jadi Tempat Pemusatan Latihan Tim Badminton Indonesia Menuju Olimpiade Paris 2024

Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menggelar pertemuan dengan perwakilan dari Chambly pada hari Sabtu (2/3) sore di Gedung Olahraga Chambly Maville. Tujuannya adalah memastikan kota Chambly sebagai tempat pemusatan latihan tim bulutangkis Indonesia menuju Olimpiade Paris 2024.

PBSI diwakili Manajer Tim Ad Hoc Armand Darmadji, Kepala Bidang dan Pembinaan dan Prestasi Ricky Soebagdja dan Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri Bambang Roedyanto. Sementara dari Chambly, diantaranya hadir langsung sang Walikota David Lazarus dan Presiden Chambly Badminton Club Patrice Lannoy.

“Kami berterimakasih atas sambutan dan kehangatan kota Chambly dalam menyambut kami, tim bulutangkis Indonesia. Akhirnya kami memutuskan untuk menjadikan kota Chambly sebagai tempat pemusatan latihan jelang Olimpiade Paris 2024 nanti,” ucap Armand melansir situs resmi PBSI.

Armand pun membeberkan sejumlah alasan pemilihan kota Chambly sebagai tempat persiapan tim Indonesia sebelum bertarung di pesta olahraga akbar antarnegara itu.

“Ada beberapa pertimbangan, pertama dari awal kami sudah melihat bahwa tempat ini cukup bagus, fasilitasnya mumpuni. Format lapangannya pun mirip dengan pelatnas Cipayung versi lebih kecil. Dari situ kami datang memang mau mengujicoba dan ternyata bagus untuk para atlet. Testimoni atlet pun semua pemain menyatakan ok. Situasi tenang dan nyaman juga menjadi nilai plus,” jelas Armand.

Walaupun begitu, Armand juga menyatakan akan ada beberapa penambahan untuk menyempurnakan saat pemusatan latihan bulan Juli nanti. Salah satunya adalah memasang karpet lapangan yang belum tersedia saat ini.

“Tapi tetap ada masukkan dari kami terutama tentang lapangan. Kami ingin nanti saat pemusatan latihan bulan Juli, lapangan sudah dipasang karpet. Dan itu mereka sudah berkomitmen untuk menyediakan jadi atlet akan berlatih sesuai dengan yang akan mereka hadapi di Olimpiade,” terang Armand.

Armand pun berharap dengan semua fasilitas yang ditawarkan, para atlet bisa totalitas dalam persiapan.

“Saya berharap dengan semua faslitas yang ditawarkan, mereka bisa fokus, mereka bisa latihan maksimal tanpa terganggu hiruk-pikuk kota besar. Istirahat yang cukup dan menyesuaikan cuaca di Prancis,” harap Armand.

Sementara, atlet ganda putri Apriyani Rahayu mengatakan pentingnya tempat pemusatan latihan di tempat yang nyaman. Ini akan berpengaruh dengan performa di Olimpiade.

“Pemusatan latihan sangat bermanfaat untuk kita semua menjelang Olimpiade, apalagi bila didukung dengan tempat yang nyaman dengan fasilitas yang baik,” ucap peraih medali emas ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 bersama Greysia Polii.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *