Serigala Roma Dipermalukan Cremonese 1-2

AS Roma menelan pil pahit di babak perempat final Coppa Italia 2022/2023. Bermain di kandang sendiri di Stadio Olimpico pada Kamis, 2 Februari 2023 dini hari WIB, Serigala Roma takluk dengan skor 1-2.

Sepasang gol tim tamu dicetak oleh Cyriel Dessers dari titik penalti dan gol bunuh diri Zeki Celik. Roma mencetak satu-satunya gol melalui Andrea Belotti.

Hasil ini membuat langkah Giallorissi terhenti. Sedangkan Cremonese berhak melaju ke babak semifinal untuk menghadapi Fiorentina yang suskes menyingkirkan Torino.

Tidak mudah bagi Roma untuk menciptakan peluang. Armada Jose Mourinho begitu sulit untuk menembus rapatnya pertahanan Cremonese.

Sebaliknya, tim tamu akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-26. Berawal dari pelanggaran Rui Patricio terhadap Dessers di kotak terlarang, wasit kemudian menunjuk titik putih. Dessers tak membuang peluang untuk membuka keunggulan bagi timnya.

Roma kian terpuruk setelah di awal babak kedua, Celik melakukan blunder fatal. Upayanya menghalau tembakan pemain Cremonese justru menjadi bumerang. Bola malah masuk ke gawang sendiri.

Perjuangan Roma mengejar defisit dua gol baru mendapatkan hasil di masa injury time. Tembakan Belotti berhasil mengoyak gawang tim tamu.

“Selamat untuk Cremonese. Mereka meraih dua kemenangan besar, melawan Napoli lalu melawan Roma di kandang lawan. Kompetisi ini aneh. Kami membayar mahal permainan yang amat buruk di babak pertama,” tandas Mourinho.

Pelatih asal Portugal itu mengakui tertinggal dua gol membuat mereka sangat kesulitan. Mental para pemain Roma pun ikut terpukul.

“Pada babak kedua, situasinya bisa saja berbeda tapi tertinggal 0-2 dengan cepat mengubah mental di lapangan. Mereka bertahan sangat baik, menunggu setiap kesempatan melakukan serangan balik.”

Eks pelatih Chelsea, Real Madrid, Manchester United, dan Inter Milan itu sedikit menyentil aksi para pemain Cremonese yang kerap mengulur waktu.

“Mereka sadar mereka bisa memanfaatkan pasifnya wasit untuk berupaya membuang-buang waktu, saya tak masalah mereka melakukan hal itu. Namun gol kami datang terlalu telat. Kalau saja kami bisa mencetak gol pertama lima menit lebih cepat, kami akan punya peluang untuk menyamakan kedudukan,” tutupnya.

Susunan Pemain AS Roma versus Cremonese:

Roma: Rui Patricio; Gianluca Mancini (Chris Smalling 46′), Marash Kumbulla (Nemanja Matic 46′), Roger Ibanez; Zeki Celik, Benjamin Tahirovic (Tammy Abraham 57′), Bryan Cristante (Nicola Zalewski 46′), Lorenzo Pellegrini; Stephan El Shaarawy, Cristian Volpato (Paulo Dybala 46′); Andrea Belotti.

Pelatih: Jose Mourinho.

Cremonese: Mouhamadou Sarr; Alex Ferrari, Emanuel Aiwu, Matteo Bianchetti; Paolo Ghiglione, Charles Pickel (Marco Benassi 64′), Michele Castagnetti (Pablo Galdames 83′), Soualiho Meite, Frank Tsadjout (Daniel Ciofani 67′); Cyriel Dessers (David Okereke 46′), Felix Afena-Gyan (Emanuele Valeri 46′).

Pelatih: Davide Ballardini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *