AS Roma Takluk dari Real Betis di Olimpico

AS Roma harus menelan hasil negatif di matchday ketiga Liga Europa 2022/2023. Bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Olimpico pada Jumat, 7 Oktober 2022 dini hari WIB, Serigala Roma takluk dari tamunya, Rel Sociedad.

Pertandingan ini berkeseudahan dengan skor 1-2 untuk kemenangan wakil LaLiga Spanyol. Roma hanya mampu mencetak satu-satunya gol melalui eksekusi penalti pemain anyar, Paulo Dybala di menit ke-34.

Sayangnya, Roma yang lebih dahulu memimpin, berhasil disamakan kedudukan oleh Guido Rodriguez di menit ke-40. Betis akhirnya mengunci kemenangan di menit ke-88 melalui Luiz Henrique. Gol ini tidak lepas dari kelengahan para pemain tuan rumah.

Pelatih Roma, Jose Mourinho mengaku saat ini target mereka adalah finis di posisi kedua di tabel klasemen akhir. Ia tak mau bila sampai timnya harus terdegradasi ke kasta ketiga yakni UEFA Europa Conference League. Musim lalu Roma sudah merasakan atmosfer kompetisi tersebut.

“UECL? Saya lebih pilih untuk bertahan di Liga Europa daripada turun ke UECL. Kami ingin finis kedua di grup,” tegas Mourinho.

Mantan pelatih Real Madrid dan Manchester United itu menilai timnya seharusnya bisa meraih poin. Mereka tidak pantas menelan kekalahan.

“Saat ini kita berbicara tentang tim yang sangat ingin sekali untuk menang, meskipun terlihat lelah di lapangan. Kalian bisa lihat dengan jelas kelelahan itu di lapangan.”

Pria asal Portugal itu mengakui hasil ini sungguh pahit. Namun, ia tak menampik kualitas lawan yang tampil bagus terutama di paruh pertama.

“Jelas ini hasil yang pahit, karena meski tidak bermain bagus, tim ini tidak pantas kalah. Betis punya kualitas teknik lebih baik, khususnya di babak pertama. Namun, kami menciptakan lebih banyak peluang. Itulah kontradiksi pertandingan ini yang mengecewakan bagi kami.”

“Kami punya beberapa kesempatan untuk mencetak gol. Namun, mudah menyebut mereka sebagai tim dengan kualitas yang lebih baik dan membuat kami kesulitan di babak pertama. Setelahnya [babak kedua], sebenarnya kami menciptakan lebih banyak peluang,” lanjutnya.

Roma kini baru mendulang tiga poin dari tiga pertandingan. Peluang mereka lolos dari fase grup ke babak selanjutnya tidaklah mudah.

Susunan pemain AS Roma versus Real Betis:

AS Roma (3-4-2-1): 1-R.Patricio; 3-Ibanez, 6-Smalling, 23-Mancini; 59-Zalewski, 8-Matic, 4-Cristante (20-Camara 80’), 19-Celik (37-Spinazzola 5’); 22-Zaniolo, 21-Dybala (92-El Sharawy 80’); 9-Abraham (11-Belotti 72’).

Pelatih: Jose Mourinho.

Real Betis (4-2-3-1): 1-Bravo, 33-Miranda, 19-Felipe, 16-Pezzella, 24-Ruibal; 18-Guardado (14-Carvalho 75’), 5-Rodriguez; 17-Joaquin (28-Rodri 60’), 8-Fekir (11-Luiz Henrique 22’), 10-Canales; 12-Willian Jose (9-Borja 76’).
Pelatih: Manuel Pellegrini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *