AS Roma Gagal Petik Kemenangan di Matchday Ketiga Liga Europa

AS Roma harus menguburkan harapan untuk mendulang poin penuh di matchday ketiga Liga Europa 2019/2020. Tampil di kandang sendiri di Stadion Olimpico, pada Kamis, 24 Oktober 2019 waktu setempat atau Jumat dini hari WIB, Serigala Roma diimbangi oleh Borussia Monchengladbach. Kedua tim mengakhiri pertandingan dengan skor identik, 1-1.

Gol semata wayang tuan rumah dicetak oleh Nicolo Zaniolo di menit ke-32. Sementara itu gol tunggal tim tamu dilesatkan oleh Lars Stindl di menit ke-90+5.

Tambahan satu poin ini membuat AS Roma tetap menguasai puncak grup J dengan raihan total lima poin dari tiga pertandingan. Sementara itu Monchengladbach yang baru mengemas dua poin dari tiga pertandingan harus puas berada di posisi juru kunci. Tempat ketiga diduduki oleh Wolfsberger AC dengan empat poin, hanya kalah selisih gol dari Istanbul BB di posisi kedua.

Gol AS Roma berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Jordan Veretout. Zaniolo yang berada dalam posisi cukup bebas menyambut bola dengan sundulan keras yang tak mampu digagalkan kiper tim tamu, Yann Sommer.

Sementara itu gol tim tamu di penghujung laga terjadi karena pelanggaran yang dilakukan Chris Smalling di kotak terlarang. Mantan pemain Manchester United ini dinilai menyentuh bola dengan tangannya di kotak terlarang. Wasit pun menunjuk titik putih. Kesempatan ini dimaksimalkan dengan baik oleh Ras Stindl untuk menyamakan kedudukan.

Keputusan wasit ini sempat menuai protes dari para pemain AS Roma. Namun sang pengadil pertandingan bergeming.

Tak heran kepempimpinan wasit di laga itu mendapat sorotan, terutama dari kubu tuan rumah. Sebagaimana dikatakan sang striker, Edin Dzeko, wasit dinilai melakukan kesalahan serius.

“Itu merupakan kesalahan serius yang tak bisa terjadi di level setinggi ini. Keputusan itu mengubah hasil, keseluruhan pertandingan, dan juga situasi di grup,” beber Dzeko.

Lebih lanjut Dzeko mengatakan timnya kini harus fokus untuk pertandingan selanjutnya. Ia sebenarnya berharap mampu meraih kemenangan di laga itu yang membuat mereka tak terlalu terbebani di sisa pertandingan.

“Sekarang kami masih punya sisa tiga pertandingan, dengan apapun masih bisa terjadi. Jika kami menang hari ini, maka segalanya akan lebih mudah. Saya tak memahami wasit, dia begitu yakin keputusannya tepat, tapi saya melihat sendiri bolanya mengenai muka Smalling. Saat melihat tayangan ulangnya di televisi, hasilnya pun jelas,” lanjutnya.

Susunan Pemain AS Roma versus Borussia Monchengladbach:

AS Roma (3-4-2-1): Pau Lopez; Gianluca Mancini, Federico Fazio, Chris Smalling; Leonardo Spinazzola, Jordan Veretout, Javier Pastore (Diego Perotti 62′), Aleksandar Kolarov; Justin Kluivert (Alessandro Florenzi 84′), Nicolo Zaniolo (Mirko Antonucci 77′), Edin Dzeko.

Pelatih: Paulo Fonseca

Borussia Monchengladbach (4-4-2): Yann Sommer; Stefan Lainer, Nico Elvedi, Tony Jantschke, Ramy Bensebaini; Patrick Herrmann (Jonas Hofmann 62′), Christoph Kramer (Laszlo Benes 77′), Denis Zakaria, Florian Neuhaus; Marcus Thuram, Breel Embolo (Lars Stindl 77′).

Pelatih: Marco Rose

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *