Meski Kalah di Kandang Antwerp, Barcelona Finis sebagai Juara Grup Liga Champions 2023/2024

Barcelona harus menutup fase grup Liga Champions 2023/2024 dengan hasil minor. Menghadapi Royal Antwerp di laga terakhir Grup H di Bosuilstadion pada Kamis, 14 Desember 2023 dini hari WIB, Blaugrana kalah dengan skor 2-3.

Sepasang gol Barcelona dicetak oleh Ferran Torres di menit ke-35 memaksimalkan umpan Lamine Yamal dan Marc Guiu di menit ke-90+1.

Tuan rumah unggul lebih dahulu memalui Arthur Vermeeren di menit kedua setelah tendangan kaki kanannya tak bisa digagalkan Inaki Pena.

Vincent Janssen membawa tuan rumah berbalik unggul di babak kedua, tepatnya di menit ke-56. Gol penentu kemenangan Antwerp terjadi jelang bubaran. George Ilenikhena mencetak gol pemungkas sekaligus mengunci kemenangan timnya di menit ke-90+2, atau satu menit setelah Barcelona menyamakan kedudukan.

Kekalahan ini tidak mengubah posisi Barcelona di klasemen akhir. Blaugrana tetap finis sebagai juara Grup H dengan 12 angka dari enam pertandingan. Bagi Antwerp kemenangan ini hanya sebagai pelipur lara atas posisi mereka sebagai juru kunci dengan tiga poin dari enam pertandingan, tertinggal enam angka dari Shakhtar Donetsk yang mewakili grup ke playoff Liga Europa dan berjarak delapan angka dari FC Porto di urutan kedua dan berhak ke babak 16 besar kompetisi kasta tertinggi ini.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez memberikan catatan tersendiri terkait pertandingan ini. Ia merasa risau dengan penampilan timnya belakangan ini.

“Saya khawatir, tim sedang merasa tidak nyaman. Kami mendapatkan hasil negatif beruntun, kami harus membaik.”
Ia menyadari timnya dalam posisi sulit ketika menghadapi Antwerp. Timnya terus digempur sepanjang pertandingan.

“Mereka menciptakan banyak peluang untuk menyerang kami. Anda harus kritis sekalipun targetnya tercapai, kami menjadi juara grup. Meski demikian, kami harus memperbaiki penampilan kami dan di atas semuanya kami harus sadar bahwa kami sedang dalam laju buruk.”

Terkait persaingan di Liga Champions, mantan gelandang Barcelona dan timnas Spanyol itu sadar tidak akan mudah. Ia bertekad untuk mengarahkan timnya agar kembali menemukan bentuk terbaik agar bisa berbicara banyak musim ini.

“Liga Champions itu sulit. Kami sudah menang di kandang lawan terberat kami, Porto, dan laga tandang itu sulit. Kami datang dari beberapa musim yang berat untuk klub, tapi sekarang kami berada di babak kedua, yang menjadi target utama kami di kompetisi ini. Kami harus mendapatkan kembali permainan bagus kami dan saya kira kami akan mendapatkannya,” pungkasnya.

Berikut susunan pemain Royal Antwerp versus Barcelona:

Antwerp (4-3-3): 1-Jean Butez; 2-Ritchie De Laet (33-Zeno Van Den Bosch 90′), 23-Toby Alderweireld, 44-Soumalia Coulibaly, 5-Owen Wijndal; 27-Mandela Keita, 48-Arthur Vermeeren 8-Alhassan Yusuf; 7-Gyrano Kerk (34-Jelle Bataille 69′), 18-Vincent Janssen (9-George Ilenikhena 79′), 19-Chidera Ejuke (52-Kobe Corbanie 80′)

Pelatih: Mark van Bommel

Barcelona (4-3-3): 13-Inaki Pena; 39-Hector Fort (2-Joao Cancelo 61′), 23-Jules Kounde, 15-Andreas Christensen, 3-Alejandro Balde; 20-Sergi Roberto (30-Marc casado 76′), 18-Oriol Romeu (22-Ilkay Guendogan 60′), 32-Fermin Lopez (8-Pedri 60′); 27-Lamine Yamal; 9-Robert Lewandowski (38-Marc Guiu 72′), 7-Ferran Torres

Pelatih: Xavi Hernandez

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *