Kecolongan di Laga Tandang, AS Roma Takluk 0-1 dari Feyenoord di Liga Europa 2022/2023

AS Roma gagal memaksimalkan laga tandang di leg pertama babak perempat final Liga Europa 2022/2023. Bermain di Stadio Feijenoord pada Kamis, 13 April 2023 dini hari WIB, Serigala Roma takluk 0-1 dari tuan rumah Feyenoord.

Gol tunggal kemenangan tuan rumah dicetak oleh Mats Wieffer di menit ke-54. Gol pemain muda berusia 23 tahun itu menjadi modal penting bagi mereka saat melakoni laga tandang ke San Siro.

Sebaliknya, Serigala Roma harus berjuang keluar dari tekanan dan mengatasi defisit satu gol. Roma yang ditangani Jose Mourinho harus menang dengan selisih lebih dari satu gol bila ingin ke semifinal.

Mourinho juga harus menghadapi kenyataan pahit berupa cedera yang dialami salah satu andalannya yakni Paulo Dybala. Mantan pemain Juventus itu terpaksa ditarik keluar di babak pertama.

“Kami tidak memiliki Haaland, kami adalah kami, kami selalu melakukan yang terbaik.”

Lebih lanjut pelatih asal Portugal itu menegaskan hasil akhir ini memang tidak sesuai harapan. Namun, timnya sudah berjuang maksimal.

“Orang-orang itu memainkan permainan usaha, martabat, pengorbanan. Mereka memiliki peluang untuk hasil yang berbeda, tetapi inilah kenyataannya.”

Ia mengakui timnya tidak punya kedalaman skuad yang bagus buntut dari badai cedera yang dialami.

“Kami tidak memiliki banyak pemain untuk rotasi ini. Kami mungkin akan kehilangan Dybala dan Abraham untuk dua pertandingan ini, tapi kami tidak pernah salah di Olimpico.”

Salah satu kekurangan yang terlihat adalah minimnya kreativitas dan ketajaman di sejumlah sektor, terutama di lini serang.

“Tim tidak mencetak gol sebagaimana mestinya, sesuai dengan apa yang dilakukannya di lapangan. Juga hari Minggu lalu di Turin, kami memiliki kesempatan untuk menjadikannya 2-0 dan menutup pertandingan, kami tidak melakukannya.”

Dalam kondisi seperti ini, mantan juru taktik Real Madrid, Chelsea, dan Manchester United itu mengakui akan lebih waspada dalam mempersiapkan diri menghadapi laga-laga selanjutnya.

“Kami selalu melakukan yang terbaik, jelas itu adalah hasil yang kami rasa tidak pantas, tetapi pantas bukan bagian dari kosa kata saya. Sayangnya kami bermain melawan Udinese pada hari Minggu dan kami harus fokus di sana.”

Susunan Pemain Feyenoord versus AS Roma:

Feyenoord (4-3-3): Justin Bijlow; Lutsharal Geertruida, Gernot Trauner, David Hancko, Quilindschy Hartman; Sebastian Szymanski, Mats Wieffer, Orkun Kokcu; Alireza Jahanbakhsh (Danilo 72′), Santiago Gimenez (Marcos Lopez 82′), Oussama Idrissi (Igor Paixao 64′).

Pelatih: Arne Slot

AS Roma(3-4-3): Rui Patricio; Gianluca Mancini, Chris Smalling, Roger Ibanez; Nicola Zalewski, Bryan Cristante, Nemanja Matic, Leonardo Spinazzola (Zeki Celik 84′); Paulo Dybala (Stephan El Shaarawy 26′), Tammy Abraham (Andrea Belotti 58′), Lorenzo Pellegrini (Georginio Wijnaldum 46′).

Pelatih: Jose Mourinho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *