Jamu Girona, Barcelona Keok 2-4

Salah satu kejutan terjadi di pekan ke-16 LaLiga 2023/2024 saat Barcelona menjamu Girona di Olimpic Lluis Companys pada Senin, 11 Desember 2023 dini hari WIB.

Alih-alih memetik kemenangan, Blaugrana justru tersungkur. Armada Xavi Hernandez kalah dengan skor 2-4.

Sepasan gol tuan rumah dicetak oleh Robert Lewandowski dan Ilkay Gundogan. Sementara empat gol tim tamu dilesatkan olehArtem Dovbyk, Miguel Gutierrez, Valery Fernandez, dan Cristhian Stuani.

Kekalahan ini membuat Barcelona kehilangan poin di kandang. Barcelona harus turun ke peringkat keempat dengan 34 poin dan harus kehilangan tempat ketiga yang kini ditempati Atletico Madrid.

Sementara itu, Girona berhak mengambil alih puncak klasemen dengan raihan 41 poin, unggul atas Real Madrid yang harus tergusur ke posisi kedua.

Xavi Hernandez menyadari timnya tidak tampil maksimal. Banyak aspek yang perlu dievaluasi.

 “Kami harus bekerja pada pertahanan dan penyelesaian akhir. Kami kalah karena itu. Kami tidak memanfaatkan peluang dan dalam pertahanan kami membayar kesalahan,” bebernya.

Mantan gelandang Barcelona dan timnas Spanyol itu mengakui hasil akhir memang di luar kontrol. Mereka harus berbenah untuk laga-laga selanjutnya.

“Namun itulah kenyataannya, ini adalah tim Barca yang sedang dalam tahap konstruksi dan itu berarti harus bergerak maju dan mundur. Saya rasa inilah jalan yang harus ditempuh, bukan ragu, kami akan terus bekerja,” sambungnya.

Di sisi lain, Xavi mengakui kualitas lawan. Ia segan menyebut mereka sebagai tim terkuat yang pernah bermain di kandang Barcelona.

Di tangan Michel, Girona kini menjadi tim kuat dan sangat diperhitungkan di La Liga musim ini.

“Saya yakin Girona adalah tim terbaik yang pernah datang ke sini. Kemenangan itu merupakan penghargaan bagi Girona, kerja keras Michel dengan para pemainnya sangat spektakuler. Ini adalah pertandingan yang ketat, jika kami menang, kami akan membicarakan hasil yang adil,” pungkasnya.

Susunan pemain Barcelona versus Girona:

Barcelona: Inaki Pena; Jules Kounde, Ronald Araujo, Andreas Christensen, Joao Cancelo; Frenkie de Jong, Ilkay Gundogan, Pedri; Raphinha, Robert Lewandowski, Joao Felix.

Pelatih: Xavi.

Girona: Paulo Gazzaniga; Eric Garcia, David Lopez, Daley Blind; Yan Couto, Ivan Martin, Aleix Garcia, Miguel Gutierrez; Viktor Tsygankov, Savio; Artem Dovbyk.

Pelatih: Michel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *