AS dan Meksiko Menyusul, 29 Negara Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022

Saat ini 29 negara  sudah mengunci tiket ke putaran final Piala Dunia 2022. Sejumlah tiket diraih dari pertandingan kualifikasi pada tengah pekan ini.

Dari zona CONCACAF, dua tiket didapat Amerika Serikat dan Meksiko. Kedua negara ini mendampingi Kanada yang lebih dahulu mengunci satu tiket.

Meksiko lolos sebagai runner-up zona Amerika Utara dan Tengah dengan koleksi total 28 poin. Tiga poin terakhir didapat dari kemenangan dua gol tanpa balas atas El Salvador.

Sementara itu, Amerika Serikat menempati posisi ketiga di klasemen akhir dengan 25 angka.

Dari zona Afrika, salah satu tim yang baru saja lolos adalah Senegal usai menyingkirkan Mesir melalui drama adu penalti. Mohamed Salah, bintang Liverpool pun harus puas menjadi penonton.

Nasib Salah berbeda dengan rekan setim, Sadio Mane. Mane akan tampil di putaran final pesta sepak bola empat tahunan itu bersama Senegal, pemenang Piala Afrika 2022.

Selanjutnya masih tersisa tiga slot terakhir. Dua slot akan diperebutkan melalui jalur play-off interkontinental dari sejumlah benua atau konfederasi.

Kosta Rika yang finis di posisi keempat zona CONCACAF akan beradu dengan pemenang kualifikasi zona Oseania yakni Selandia Baru. Sementara itu, Peru yang finis di posisi kelima zona Amerika Selatan akan menghadapi pemenang antara Uni Emirat Arab versus Australia dari zona AFC atau Asia.

Satu tiket lainya menjadi jatah wakil Eropa. Masih tersisa satu pertandingan play-off antara Wales menghadapi pemenang antara Ukraina versus Skotlandia.

Saat ini Ukraina masih berjibaku dengan konflik di dalam negeri, menyusul invasi Rusia.

Berikut daftar 29 tim yang sudah lolos ke Piala Dunia 2022:

Zona Eropa

Jerman
Denmark
Prancis
Belgia
Kroasia
Spanyol
Serbia
Inggris
Swiss
Belanda
Portugal
Polandia

Zona Asia

Qatar (tuan rumah)
Iran
Korea Selatan
Jepang
Arab Saudi

Zona Afrika

Ghana
Senegal
Maroko
Tunisia
Kamerun

Zona CONMEBOL

Brasil
Argentina
Uruguay
Ekuador

Zona CONCACAF

Kanada
Meksiko
Amerika Serikat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *