Tite Umumkan Skuad Brasil di Piala Dunia 2022: Alves Masuk, Firmino dan Coutinho Tersisih

Seiring mendekatnya putaran final Piala Dunia 2022, tim-tim peserta pun mulai mengumumkan daftar akhir anggota tim. Salah satunya adalah tim nasional Brasil.

Sang pelatih, Adenor Leonardo Bacchi alias Tite sudah mengumumkan 26 nama yang akan diboyong ke Qatar. Seperti diprediksi sebelumnya, sang pelatih dipastikan harus berpikir keras untuk menentukan daftar nama. Sebab, Brasil adalah tim dengan kedalaman skuad yang mewah.

Menariknya, Tite melakukan beberapa kejutan. Salah satunya adalah menyertakan nama pemain senior, Dani Alves. Mantan pemain Barcelona itu sudah berusia 39 tahun dan tidak lagi bermain di Eropa.

Kejutan lain adalah tidak ada nama striker Liverpool, Roberto Firmino dan mantan gelandang Barcelona, Philippe Coutinho. Begitu juga bek yang bersinar dengan Arsenal, Gabriel Martinelli juga tidak dipilih.

Tite memilih sembilan pemain yang bertipe menyerang. Mereka dalah Antony, Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli, Neymar, Pedro, Raphinha, Rodrygo, Richarlison, dan Vinicius.

Tite memilih Casemiro, Bruno Guimaraes, dan Fabinho juga Lucas Paqueta, Fred, serta Everton Ribeiro untuk mengisi pos di lini tengah.

Para pemain senior alias berpengalaman mengisi barisan pertahanan. Selain Alves, ada Thiago Silva, Danilo, Alex Sandro, Marquinhos, Alex Telles, Bremer, serta Militao.

Delapan bek itu akan bersaing untuk mengawal barisan belakang di depan satu dari tiga kiper pilihan yakni Alisson Becker, Ederson Moraes, dan Weverton.

“Rasa cemas ‘menemani’ saya dan saya selalu bangun jam 4 pagi. Istri saya sudah terbiasa melihat saya gelisah di tempat tidur,” beber Tite terkait proses seleksi akhir yang ia lakukan.

Tite mengaku ia sampai memikirkannya secara serius hingga mengganggu tidurnya.

“Dia selalu menyuruh saya untuk tenang dan mencoba untuk lebih banyak tidur. Tetapi saya memikirkan itu (memilih 26 pemain) dan itu membuatku gelisah.”

Ia mengatakan pemilihan ini tentu didasarkan pada pertimbangan tertentu. Ia pun menaruh respek kepada para pemain yang terpilih, juga yang belum berkesempatan tampil memperkuat Selecao di Piala Dunia kali ini.

“Saya harus mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua orang yang pernah atau pernah menjadi bagian dari tim ini. Akan ada pilihan yang ditentukan oleh alasan teknis, tetapi saya respek kepada semua pemain.”

Brasil menjadi salah satu unggulan di edisi kali ini. Pemiliki lima gelar itu dihuni para pemain top yang merumput di klub-klub bergengsi di Eropa.

Bagi Tite, Piala Dunia 2022 bisa menjadi kesempatan terakhir baginya untuk unjuk gigi bersama Tim Samba. Berkembang rumor, ia akan meletakkan jabatan itu setelah perhelatan akbar itu.

Daftar Pemain Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar

Kiper: Alisson, Ederson, Weverton

Bek: D. Alves, Danilo, A. Sandro, Alex Telles Bremer, Militão, Marquinhos, Thiago Silva

Gelandang: Casemiro, Ribeiro, B. Guimarães, Fabinho, Fred, Paquetá

Penyerang: Antony, G. Jesus, G. Martinelli, Neymar, Pedro, Raphinha, Rodrygo, Richarlison, Vinicius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *