Tiga Ganda Putra Indonesia Lewati Babak 32 Besar Japan Open 2022

Hasil positif diraih tiga pasang ganda putra Indonesia yang bertanding di babak 32 besar Japan Open 2022. Mereka berhasil memetik kemenenangan sehingga berhak ke babak 16 besar.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin tampil impresif. Pasangan muda ini sukses membungkam unggulan dua asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dalam dua gim langsung, 21-14, 21-17.

Pasangan berjuluk The Babies ini tak kuasa menyembunyikan kegembiraan usai meraih kemenangan fenomenal itu. Daniel mengatakan kemenangan ini jangan sampai membuat mereka terlena.

“Mengalahkan mereka lumayan menambah kepercayaan diri dan motivasi kita berarti kita ada kans memenangkan pertandingan ke depan. Kondisi lapangannya agak gelap kalau saya rasa. Untuk angin dan bola tidak terlalu ada kendala,” beber Daniel.

Sementara Leo mengungkapkan kunci kemenangan mereka adalah menjaga fokus poin demi poin.

“Kita tadi fokus saja satu poin demi satu poin, step by step dan tidak membiarkan lawan berkembang. Kita mencoba untuk terus menekan dan menyerang mereka.Masih banyak yang ingin kita raih termasuk di turnamen ini tapi balik lagi tidak mudah jadi harus fokus terus.”

Kemenangan juga diraih pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Finalis Kejuaraan Dunia BWF 2022 itu berhasil menyingkirkan pasangan Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dalam straight set 21-15, 22-20

“Tadi di awal gim pertama kita tertinggal lumayan jauh, kita terlalu banyak angkat bola jadi mereka banyak mendapat serangan. Setelah itu kita coba dengan banyak adu bola depannya, ambil dari servis dan blok servisnya juga,” beber Hendra.

Hal senada diakui Ahsan. Ahsan mengatakan mereka kemudian mengubah strategi dengan menurunkan bola.

“Kunci kemenangan hari ini kita harus berani menurunkan bola terlebih dahulu ya, kalau banyak mengangkat mereka enak. Tekanannya kencang. Mereka menang di tenaga dan power jadi kita harus pegang bola depannya dulu. Karena lapangan di sini kan berangin jadi lebih enak kalau kita menyerang. Mereka juga takut-takut kalau harus bertahan terus.”

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menempati unggulan kelima juga meraih hasil positif. Keduanya mengatasi perlawanan tuan rumah, Akira Koga/Taichi Saito,  23-21, 21-18.

“Lawan juga lebih siap dibanding saat di Kejuaraan Dunia kemarin. Mereka sudah mempelajari permainan kita. Bisa membalikkan keadaan di gim pertama dari 17-20 ke 23-21 jadi kunci kemenangan kita. Kita tadi coba terus walau tertinggal,” tandas Fajar.

“Di gim kedua sudah lebih percaya diri karena sudah menang di gim pertama. Tapi lawan juga tidak mudah menyerah, mereka bermain bagus dan menyulitkan bola-bolanya,” sambungnya.

Sementara Rian mengaku mereka berusaha untuk terus memberi tekanan. Meski pertahanan mereka solid mereka sama sekali tak mengendorkan serangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *