Tekuk India 3-2, Indonesia Juara Grup BATC 2022

Tim putra Indonesia kembali memetik kemenangan di pertandingan terakhir penyisihan Grup A Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (BATC) 2022 yang digelar di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia pada Jumat, 18 Februari 2022 siang WIB.

Menghadapi India, Indonesia menang dengan skor 3-2. Kemenangan ini sekaligus memastikan Indonesia keluar sebagai juara grup dan lolos ke babak semifinal.

Pelatih ganda putra PP PBSI, Aryono Miranat menyambut positif hasil tersebut. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada para pemain.

“Terima kasih atas perjuangannya sehingga seperti tim putri, tim putra Indonesia juga tampil sebagai juara grup,” beber Aryono Miranat melansir siaran pers Humas PP PBSI.

Namun begitu, Aryono mengatakan perjuangan Indonesia belum berakhir. Selanjutnya harus mempersiapkan diri dengan baik menghadapi babak semifinal.

“Namun, perjuangan belum berakhir. Pemain harus tetap semangat untuk menatap babak semifinal,” sambungnya.

Indonesia lebih dahulu tertinggal setelah pemain tunggla putra pertama, Chico Aura Dwi Wardoyo gagal mengalahkan Lakshya Sen. Chico takluk dalam dua gim 18-21, 25-27.

“Tadi sih saya kurang tenang saat memimpin dan jadi buru-buru. Pada poin-poin kritis, saya kurang berani mengambil keputusan untuk mengambil dan pegang permainan depan. Padahal dari segi permainan, sudah keluar semua,” beber Chico.

Pemain kelahiran Jayapura itu mengakui lawan bermain lebih baik dan memiliki pertahanan yang kuat.

“Lawan hari ini tampil baik dan pertahanannya juga kuat,” sambungnya.

Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sukses menyamakan kedudukan. Keduanya menang dua gim langsung atas Manjit Singh Khwairakpam/Dingku Singh Konthoujam, 21-16, 21-10.

Indonesia berbalik unggul setelah merebut kemenangan di partai ketiga. Tunggal putra Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay berhasil mengatasi perlawanan George Kiran lewat drama tiga gim 21-13, 17-21, 21-10.

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana juga memetik kemenangan sekaligus memastikan Indonesia ke babak empat besar. Fikri/Bagas mengalahkan Hariharan Amsakarunan/Ruban Kumar Rethinasabapathi 21-10, 21-10.

Yonathan Ramlie yang tampil di partai terakhir gagal memetik kemenangan. Yonathan takluk dari Mithun Manjunath usai bertarung tiga gim, 12-21, 21-15, 17-21.

Indonesia belum mengatahui siapa lawan di babak semifinal. Undian akan digelar setelah pertandingan terakhir. Juara grup akan diundi kembali dengan runner-up grup. Ada kemungkinan bertemu kembali lawan yang sama di fase grup.

Berikut hasil pertandingan tim putra Indonesia melawan India (3-2):

Chico Aura Dwi Wardoyo vs. Lakshya Sen, 18-21, 25-27
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs. Manjit Singh Khwairakpam/Dingku Singh Konthoujam, 21-16, 21-10
Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs. George Kiran, 21-13, 17-21, 21-10
Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs. Hariharan Amsakarunan/Ruban Kumar Rethinasabapathi, 21-10, 21-10
Yonathan Ramlie vs. Mithun Manjunath, 12-21, 21-15, 17-21.