Harry Kane Gemilang, Inggris Tekuk Italia 3-1 dan Lolos ke Euro 2024

Tim nasional Inggris memetik hasil positif di laga lanjutan Kualifikasi Euro 2024. Menjamu timnas Italia di Stadion Wembley, London pada Rabu, 18 Oktober 2023 dini hari WIB, skuad Tiga Singa menang dengan skor 3-1.

Harry Kane menjadi bintang pertandingan. Pemain depan Bayern Muenchen itu mencetak brace alias sepasang gol.

Satu gol lainnya dicetak oleh Marcus Rashford. Sementara itu, Italia sempat membuat publik tuan rumah terdiam setelah Gianluca Scamacca memecah kebuntuan lebih dahulu.

Berkat kemenangan ini Inggris pun melenggang ke putaran final tahun depan di Jerman. Inggris mengamankan posisi puncak klasemen sementara di Grup C dengan 16 angka. Dengan dua pertandingan tersisa, mustahil bagi para pesaing untuk merebut salah satu tiket dari Inggris.

Sementara itu, Italia masih tertahan di posisi ketiga dengan 10 angka. Tidak ada cara lain bagi Italia untuk lolos ke Jerman selain memaksimalkan dual aga terakhir.

Italia sebenarnya tampil bagus di awal pertandingan. Ini terbukti dengan dominasi dan peluang emas yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Scamacca.

Berawal dari skema serangan balik cepat, Scamacca berhasil memaksa Jordan Pickford memungut bola dari dalam gawangnya di menit ke-15.

Inggris tidak tinggal diam. Tuan rumah pun menyamakan kedudukan di menit ke-28 memaksimalkan peluang dari titik penalti.

Penalti didapat setelah Giovanni Di Lorenzi melanggar Jude Bellingham di kotak terlarang. Kane yang menjadi eksekutor tak membuang kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Tendangan mantan striker Tottenham Hotspur itu tak bisa digagalkan Gianluigi Donnarumma.

Tuan rumah mendapat momentum untuk berbalik memimpin di babak kedua.

Rashford akhirnya membuat tuan rumah bersorak setelah mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-57, memaksimalkan skema serangan balik cepat.

Kane kembali menegaskan dirinya sebagai salah satu striker berbahaya dengan gol keduanya di menit ke-57. Lolos dari jebakan offside, Kane dengan tenang menaklukkan Donnarumma.

Inggris sukses menjaga keunggulan hingga pertandingan usai sekaligus memastikan tampil di putaran final Euro 2024 tahun depan.

Susunan Pemain Inggris versus Italia:

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones (Marc Guehi 63′), Harry Maguire, Kieran Trippier; Kalvin Phillips (Jordan Henderson 70′), Declan Rice; Marcus Rashford, Jude Bellingham (Jack Grealish 85′), Phil Foden; Harry Kane.

Pelatih: Gareth Southgate.

Italia: Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Giorgio Scalvini, Francesco Acerbi (Alessandro Bastoni 63′), Destiny Udogie (Federico Dimarco 63′); Davide Frattesi, Bryan Cristante, Nicolo Barella; Domenico Berardi (Giacomo Raspadori 78′), Gianluca Scamacca (Moise Kean 63′), Stephan El Shaarawy (Riccardo Orsolini 87′).

Pelatih: Luciano Spalletti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *