Gavi Jadi Pahlawan, Antar Spanyol ke Euro 2024

Gavi menjadi pahlawan tim nasional Spanyol di pertandingan penentuan Kualifikasi Euro 2024. Bintang muda Barcelona itu menjadi penentu kemenangan La Furia Roja saat menghadapi Norwegia di Ullevall Stadion pada Senin, 16 Oktober 2023 dini hari WIB.

Gavi menjadi pencetak gol satu-satunya di pertandingan itu. Pertandingan matchday kedelapan ini sekaligus memastikan Tim Matador menjadi salah satu kontestan di putaran final tahun depan di Jerman.

Gavi mencetak gol tunggal di menit ke-49. Gol ini berawal dari tembakan beruntun dari Ferran Torres dan Mikel Oyarzabal yang diblok pemain Norwegia. Bola kemudian mengarah pada Gavi yang berdiri dalam posisi ideal untuk melepaskan tendangan.

Gavi tak membuang kesempatan melepaskan tendangan keras. Wasit sempat meninjau VAR untuk memastikan sang pemain sudah berada dalam posisi offside. Dari hasil pengecekan, tidak ada pelanggaran sehingga gol tersebut disahkan.

Spanyol sebenarnya sempat mencetak gol di menit ke-20 setelah umpan silang Dani Carvajal disambut Alvaro Morata dengan tandukan mematikan.

Sayangnya, dari hasil tinjauan VAR, Morata lebih dahulu terperangkap offside sehingga gol tersebut harus dianulir.

Memang tidak mudah bagi Spanyol memecah kebuntuan. Norwegia yang mengandalkan mesin gol bernama Erling Haaland berupaya menembus pertahanan rapat Spanyol.

Gol tunggal ini menjadi pembeda di laga ini. Spanyol berhak mendapat tiga poin untuk menambah pundi-pundi poin menjadi 15.

Jumlah poin Spanyol sama banyak dengan Skotlandia. Kedua tim pun sama-sama mengunci tiket ke putaran final.

Kedua tim akan menjalani pertandingan penentuan untuk menentukan status juara grup. Sementara itu, Norwegia tertahan di posisi ketiga dengan 10 poin dari tujuh pertandingan yang telah dijalani.

Dengan demikian, peluang Haaland tampil di Euro tahun depan tertutup.

Susunan Pemain Norwegia versus Spanyol:

Norwegia (4-2-3-1): Orjan Nyland; Julian Ryerson, Stefan Strandberg, Leo Ostigard, Birger Meling; Patrick Berg, Sander Berge; Oscar Bobb, Martin Odegaard, Fredrik Aursnes; Erling Haaland.
Pelatih: Stale Solbakken

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Daniel Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Fran Garcia; Gavi, Rodri, Fabian Ruiz; Ferran Torres, Alvaro Morata, Ansu Fati.
Pelatih: Luis de la Fuente

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *