Karim Benzema Raih Ballon d’Or 2022

Karim Benzema akhirnya berhak atas Ballon d’Or 2022. Pemain asal Prancis itu memenangi penghargaan individual itu dengan menyingkirkan dua pesaing terdekat yakni Sadio Mane dan Kevin De Bruyne.

Acara penganugerahan itu berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris, pada Senin (17/10/2022) waktu setempat atau Selasa dini hari WIB.

Pada kesempatan itu, status pemain muda terbaik jatuh kepada pemain masa depan Barcelona, Gavi yang berhak atas Kopa Trophy. Thibaut Courtois menangkan Yachine Trophy sebagai kiper terbaik.

Tidak mengherankan Benzema akhirnya menjadi pemenang. Sebab, mengacu pada waktu penilaian yakni sepanjang musim lalu, prestasi pemain 34 tahun itu sungguh mentereng. Ia menjadi pemain tersubur baik di level LaLiga maupun Liga Champions Eropa.

Di level timnas, Benzema ikut membantu Prancis menjadi juara UEFA Nationz League dengan mengalahkan Spanyol di final dengan skor 2-1.

Selain memecahkan sejumlah rekor, Benzema ikut andil bagi empat gelar yang diraih baik di level klub maupun timnas. Ia adalah orang Prancis kedua yang meraih Ballond d’Or setelah idolanya, Zinedine Zidane pada 1998 silam.

“Ini membuat saya sangat bangga. Saya tidak pernah menyerah untuk semua pekerjaan yang saya lakukan. Saya memiliki dua panutan dalam hidup saya, Zidane dan Ronaldo juga. Saya selalu memiliki mimpi ini dalam pikiran saya bahwa segala sesuatu mungkin,” ungkap Benzema dalam pidato penerimaan hadiah tersebut.

Ia mengaku bangga dengan perjalanan kariernya. Ia senang bisa melewati berbagai situasi sulit, termasuk juga keluarganya.

“Saya sangat bangga dengan perjalanan saya di sini. Ini tidak mudah, sulit, bagi saya dan keluarga saya. Usia hanyalah angka bagi saya. Orang-orang bermain sampai tahun-tahun terakhir mereka sekarang dan saya masih memiliki hasrat yang membara ini.”

Benzema terus merasa terdorong untuk maju dan tidak mau menyerah begitu saja.

“Dorongan inilah yang membuat saya terus maju dan tidak pernah membiarkan saya menyerah. Itu membuat mimpi ini tetap hidup dan merupakan api di belakang saya. Saya hanya ingin memanfaatkannya sebaik mungkin.”

Benzema benar-benar membuktikan hal tersebut dengan menyabet Ballon d’Or di usia yang tidak muda lagi. Ia adalah pemain tertua yang memenangi penghargaan itu setelah Stanley Matthews pada 1956 silam.

Menemani Benzema, Gavi, dan Thibaut Courtois ada Alexia Putellas, pemain Barcelona Femeni yang memenangi Ballond d’Or untuk kategori wanita.

Sadio Mane kebagian Socrates Award. Robert Lewandowski pun tak ketinggalan dengan menyabet Gerd Mueller Trophy. Sementara itu, status klub terbaik jatuh kepada Manchester City.

Berikut daftar lengkap pemenang dalam acara penghargaan Ballon d’Or 2022

Ballon d’Or – Karim Benzema (Real Madrid)
Women’s Ballon d’Or – Alexia Putellas (Barcelona Femeni)
Kopa Trophy – Gavi (Barcelona)
Socrates Award – Sadio Mane (Liverpool/Bayern Muenchen)
Yachine Trophy – Thibaut Courtois (Real Madrid)
Gerd Mueller Trophy – Robert Lewandowski (Bayern Muenchen/Barcelona)
Best Club of the Year – Manchester City

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *