Jorge Lorenzo Umumkan Pensiun dari MotoGP

Pencinta balap MotoGP dunia seakan tak percaya dengan pengumuman yang baru saja disampaikan oleh Jorge Lorenzo. Ya, pebalap asal Spanyol itu baru saja mengumumkan pengunduran dirinya dari ajang bergengsi balap motor tersebut.

Lorenzo mengumumkan dirinya akan pensiun dari ajang MotoGP usai musim ini berakhir. Pengumuman tersebut disampaikan pada Kamis, 14 November 2019 petang waktu Spanyol atau malam WIB lalu di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia yang merupakan lokasi seri terakir MotoGP 2019 pada akhir pekan ini.

Pebalap berusia 32 tahun itu mengatakan momen pensiun adalah satu dari empat hari penting dalam hidup seorang pebalap.

“Saya selalu berpikir ada empat hari penting dalam kehidupan seorang pebalap; balapan pertama, kemenangan pertama, kejuaraan dunia pertama, dan kemudian hari Anda pensiun,” ungkap Lorenzo.

“Seperti yang Anda bayangkan, saya di sini untuk mengumumkan bahwa hari ini telah tiba untuk saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP,” sambung Lorenzo.

Lorenzo merupakan salah satu pebalap terbaik di ajang MotoGP. Pria kelahiran Spanyol itu sudah 17 tahun berkiprah di dunia MotoGP dengan raihan lima gelar juara dunia, dengan tiga di antaranya di kelas utama.

Pensiunnya Lorenzo tidak lepas dari performanya yang semakin menurun. Usai hijrah dari Yamaha pada akhir 2016 lalu, sepak terjang Lorenzo tak lagi mentereng. Sempat bergabung di tim Ducati lantas berpindah lagi ke Repsol Honda hingga musim ini. Namun masa kejayaan seperti saat membela Yamaha tak berulang.

“Saya tidak pernah dalam kondisi 100% fit untuk menunggangi motor Honda, jadi saya tak bisa membetot gas dengan maksimal. Kondisi seperti ini di MotoGP itu sulit, terlebih lagi ketika Anda tak merasa sepenuhnya nyaman di atas motor,” tandas Lorenzo.

Tentu pensiunnya Lorenzo membuat sedih dunia MotoGP. Tidak hanya para penggemarnya, sesama rekan pebalap pun merasakan hal tersebut. Sebagaimana diungkapkan Cal Crutchlow, pensiunnya Lorenzo menjadi sebuah kehilangan penting.

“Menurut saya, (pengumuman pensiunnya Lorenzo) adalah hari yang menyedihkan bagi olahraga ini. Bayangkan, seorang juara dunia lima kali seperti Jorge dan di masa jayanya, banyak pebalap yang bahkan tak bisa menyainginya. Terkadang, saat anda berhasil naik podium pun, anda tetap tak bisa menandinginya. Dia seorang juara dan profesional yang luar biasa,” ungkap pebalap asal Inggris tersebut.

Publik kini menanti siapa pengganti Lorenzo di tim Yahama untuk mendampingi Crutchlow. Salah satu nama yang santer disebut adalah Johann Zarco. Namun pebalap asal Prancis itu memilih merendah.

“Untuk masa depanku, aku belum tahu. Aku tidak punya banyak hal untuk dikatakan terkait pengumuman Jorge. Sepertinya tahun depan akan positif untukku. Ada sebuah kursi yang kosong untuk musim 2020. Di mana aku tidak tahu tapi di suatu tempat ada sebuah kursi yang kosong,” tandas pebalap 29 tahun itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *