Comeback Impresif di Kandang Barcelona, Real Madrid Menangi El Clasico Jilid 1

Barcelona harus mengakui keunggulan Real Madrid dalam El Clasico jilid 1 yang berlangsung di Estadi Olimpic Lluis Companys pada Sabtu, 28 Oktober 2023 malam WIB.

Pertemuan pertama musim ini di pekan ke-11 LaLiga 2023/2024 itu berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tim tamu.

Barcelona sesungguhnya mampu membuka keunggulan lebih awal setelah Ilkay Gundogan menggetarkan gawang Madrid di menit keenam.

Namun, keunggulan tersebut tidak bertahan hingga laga usai. Jude Bellingham mampu menyamakan kedudukan di menit ke-68.

Tuan rumah dibuat terdiam jelang bubaran. Bellingham memberikan mimpi buruk bagi tuan rumah dengan golnya di menit ke-90+2. Tidak ada waktu bagi Barcelona untuk mengejar ketertinggalan.

Berkat kemenangan ini Madrid masih mengamankan posisi di puncak klasemen. Sementara itu, Barcelona tertahan di posisi ketiga.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez angkat bicara terkait kekalahan timnya. Ia menilai mereka seharusnya tidak sampai menderita dengan gol telat tersebut sebab mereka tampil baik setidaknya hingga 60 menit pertandingan.

“Ringkasan pertandingan ini sangat sederhana. Kami memiliki 60 menit yang sangat bagus dan mencetak satu gol. Madrid memiliki 20 menit yang sangat bagus dan mencetak dua gol.”

Meski dominan, pelatih asal Spanyol itu menilai hasil akhir tetap tidak bisa ditentukan. Situasi yang jamak terjadi di dunia sepak bola bahwa kejutan bisa terjadi kapan saja.

“Seperti yang saya katakan, dari sudut pandang saya, kami mendominasi selama 60 menit. Tetapi itulah sepak bola, jika tidak mencetak gol kedua… Kami memerlukan lima atau enam (peluang) untuk mencetak satu gol. Mereka mencetak dua gol dengan tiga (peluang).”

Hanya saja, ia mengakui timnya tampil kurang efisien. Dari banyaknya peluang yang dimiliki mereka hanya mengkonversi menjadi satu gol. Berbeda dengan Madrid yang memiliki tiga peluang namun dua di antaranya berbuah gol.

“Madrid memiliki itu dalam permainan mereka. Kami tidak cukup klinis. Saya pikir rencana kami berjalan dengan baik. Mungkin kami melebih-lebihkan, mereka membuat kami menderita di akhir pertandingan, tapi sejujurnya saya piki jika ada yang ingin memenangkan pertandingan, itu akan terjadi.”

“Kami pantas menang. Kami mengendalikan Madrid dengan baik. Mereka tidak menciptakan banyak peluang. Satu tembakan dari luar kotak penalti dan kemudian (Luka) Modric tidak menguasai bola di akhir dan Bellingham memanfaatkannya untuk mencetak gol.”

Susunan pemain Barcelona versus Real Madrid:

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo, Andreas Christensen, Inigo Martinez, Alejandro Balde; Joao Cancelo, Ilkay Gundogan, Fermin Lopez; Gavi, Ferran Torres, Joao Felix.

Pelatih: Xavi

REAL MADRID (4-3-1-2): Kepa Arrizabalaga; Dani Carvajal, Antonio Rudiger, David Alaba, Ferland Mendy; Federico Valverde, Toni Kroos, Aurelien Tchouameni; Jude Bellingham; Rodrygo, Vinicius Junior.

Pelatih: Carlo Ancelotti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *