Awal Manis Manchester City Pertahankan Gelar Liga Champions

Manchester City menorehkan awal yang manis dalam upaya mempertahankan gelar Liga Champions Eropa. Pada matchday pertama Grup G Liga Champions 2023/2024, The Citizen menggasak tamunya Red Star Belgrade.

Pertandingan yang digelar di Etihad Stadium pada Rabu, 20 September 2023 dini hari WIB itu berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Namun, tuan rumah sempat dikejuutkan dengan penampilan impresif tim tamu. Osman Bukari mampu membawa Red Star memimpin.

Namun, City menunjukkan mentalitas juara. Armada Pep Guardiola berhasil mengejar ketertinggalan dan berbalik unggul.

Julian Alvarez mencuri perhatian dengan sepasang gol dan Rodri mencetak gol ketiga sekaligus mengunci kemenangan Manchester Biru.

Kemenangan ini menjadi awal yang bagus bagi City untuk bersaing dengan kontestan lain yakni Young Boys dan RB Leipzig.

“Pada akhirnya, tertinggal 1-0 di babak pertama, setelah apa yang telah kami lakukan, itu bagus [setelah memenangkan treble], kami harus menjadi tipe juara yang membuktikan pada diri sendiri bahwa kami mampu melakukan comeback,” beber Guardiola.

Guardiola mengapresiasi semangat dan mental para pemainnya yang mampu lepas dari tekanan sama seperti saat menghadapi West Ham di pentas domestik beberapa waktu lalu.

“Dalam situasi seperti ini, sangat menyenangkan untuk membuktikannya. Di kedua pertandingan, kami bermain dengan luar biasa dan langsung [comeback] di awal babak kedua.”

Ia menyadari timnya tidaklah tampil sempurna. Ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

“Kami memiliki beberapa hal yang harus ditingkatkan secara umum, tetapi itu sangat, sangat bagus,” sambungnya.

Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu memberikan apresiasi kepada Alvarez dan Rodri yang memastikan mereka meraih tiga poin pertama.

“Pergerakan [Alvarez] sangat cepat dan dia masih sangat muda. Perekrutan yang luar biasa yang telah dilakukan klub. Dia memiliki segalanya [semangat, gol, assist]. Luar biasa. Dan dia adalah seorang pria yang menyenangkan. Bermain di belakang Erling [Haaland], ia adalah ancaman yang luar biasa.”

Sementra itu kepada Rodri, Guardiola berharap agar pemain itu terus menjaga performa terbaiknya di laga-laga selanjutnya.

“Ya, dia adalah yang terbaik [Rodri] tetapi semoga dia bisa menjadi lebih baik. Dia memiliki mentalitas yang baik dan hal-hal yang baik untuk ditingkatkan. Namun kami beruntung lagi bahwa klub telah merekrut pemain-pemain seperti ini.”

Susunan Pemain Manchester City versus Red Star Belgrade:

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias (Rico Lewis 83′), Nathan Ake, Sergio Gomez (Manuel Akanji 58′); Rodri (Kalvin Phillips 83′), Matheus Nunes; Bernardo Silva (Jeremy Doku 44′), Julian Alvarez, Phil Foden (Oscar Bobb 83′); Erling Haaland.

Pelatih: Pep Guardiola.

Red Star: Omri Glazer; Srdjan Mijailovic, Nasser Yacouba Djiga, Aleksandar Dragovic, Milan Rodic; Hwang In-Beom (Kings Kangwa 82′), Marko Stamenic, Osman Bukari (Milos Degenek 82′), Mirko Ivanic (Peter Olayinka 68′), Stefan Mitrovic (Vladimir Lucic 77′); Cherif Ndiaye (Jean-Philippe Krasso 68′).

Pelatih: Barak Bakhar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *