Penyesalan Indra Sjafri Usai Indonesia Kalah Tipis dari China Taipei di Asian Games 2022

Tim nasional U-24 Indonesia harus mengakui keunggulan timnas U-24 China Taipei di pertandingan kedua Grup F Asian Games 2022.

Bertanding di Stadion Zhejiang Normal University East pada Kamis, 21 September 2023, skuad Garuda Muda takluk satu gol tanpa balas.

Gol tunggal kemenangan Taipei dicetak oleh Wen Yen Chin. Sepakan kaki kirinya berhasil merobek gawang Indonesia di menit ke-47.

Indonesia masih punya kesempatan untuk melangkah ke babak selanjutnya. Dengan catatan mampu memetik kemenangan di pertandingan berikutnya.

Pelatih Indra Sjafri mengakui timya harus bekerja keras memperbaiki penampilan agar bisa meraih hasil positif di laga berikutnya.

“Pertama tentu hasil yang sangat mengecewakan bagi kita. Menjadikan posisi kita di posisi grup sangat sulit, walaupun dengan satu kemenangan, padahal tadi kita sangat yakin bisa memenangkan pertandingan,” beber Indra Sjafri melansir situs resmi PSSI.

Ia mengakui pihaknya sudah memprediksi permainan lawan yakni akan cenderung bermain bertahan.

Sayangnya, prediksi yang menjadi kenyataan itu tidak diantisipasi terutama ketika lawan berbalik menyerang.

“Sebenarnya apa yang kami prediksi terhadap permainan, China Taipei pasti akan bermain defend dan kita di babak pertama tidak bisa membongkar compact defend mereka, malahan mereka yang bisa melakukan serangan dengan membuahkan hasil satu gol,” tambahnya.

Peluang Indonesia ke babak berikutnya akan ditentukan pada pertandingan terakhir menghadapi Korea Utara pada Minggu, 24 September di tempat yang sama.

Rizky Ridho dan kawan-kawan wajib menang bila ingin lolos. Sebelumnya, di pertandingan pertama Indonesia berhasil mengatasi perlawanan Kirgiztan dua gol tanpa balas.

Indra menyebut dirinya sudah berusaha melakukan perubahan setelah timnya terlihat kewalahan membongkar pertahanan lawan. Sayangnya, skenario tersebut tak berbuah manis hingga laga usai.

“Dengan gol lawan yang terjadi, para pemain tidak bisa bangkit dan saya melakukan beberapa pergantian untuk mengubah situasi tetapi tidak banyak membantu. Memang hasil ini yang kita tidak inginkan,” tegasnya.

Susunan pemain Chinese Taipei versus Timnas Indonesia:

Chinese Taipei U-24 (4-4-2): Chiu Yu-hung; Liang Meng-hsin, Tu Shao-Chieh, Wang Yi You, Fang Li Peng; Yu Yao Hsing, Wen Chih Hao, Chen Po Liang, Chun Wen Yan; Wu Yen-shu, Lin WEi Chien

Pelatih: Chen Jiunn Ming

Indonesia U-24 (4-3-3): Muhammad Adi Satryo; Mohammad Haykal Alhafiz, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Bagas Kaffa; Syahrian Abimanyu, Alfeandra Dewangga, Ananda Raehan; Ramai Rumakiek, Titan Agung, Egy Maulana Vikri

Pelatih: Indra Sjafri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *