Walau Terpuruk, Italia Harus Bangkit

Tim nasional Italia dan para penggemarnya sedang berduka. Gli Azzurri gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Kekalahan atas Makedonia Utara di babak semifinal play-off zona Eropa menjadi sebab.

Italia kalah satu gol tanpa balas berkat gol Aleksandar Trajkovski di injury time di Renzo Barbera, Palermo, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB.

Gelandang Italia, Marco Verratti coba melukiskan keadaan timnya pasca-pertandingan. Pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu tak menyangka mereka bisa tersingkir dan hanya menjadi penonton saat pesta akbar empat tahunan itu digelar.

“Sulit untuk dipahami. Saya pikir kami mendominasi pertandingan ini dan kami seharusnya menang. Kami harus menang,” beber Verratti kepada RAI Sport.

Ia menyayangkan timnya yang gagal memanfaatkan dominasi dan banyaknya kesempatan melepaskan tembakan ke gawang Makedonia Utara. Bila mereka bisa mencetak gol lebih cepat maka hasil akhir akan berbeda.

“Kami harus mencetak gol lebih awal dan menutupnya, karena kami mendominasi, kami bisa melakukannya lebih baik. Ini adalah sepakbola, sangat penting untuk menjadi klinis dan kejam. Hanya saja sangat sulit untuk dijelaskan. Itu adalah mimpi buruk,” tegasnya.

Kekalahan ini memang melukai. Tim tersebut remuk redam. Walau begitu mereka harus bangkit untuk berbenah.

“Saya bangga dengan rekan satu tim. Kami semua sangat hancur, tetapi kami harus memulai lagi. Saat ini sulit untuk membicarakannya, itu akan tetap menjadi lubang besar,” tandas Giorgio Chiellini.

Pemain yang berposisi sebagai bek itu mengharapkan agar sang pelatih, Roberto Mancini bertahan. Ia mengharapkan Italia kembali bangkit untuk bertarung lagi.

“Saya berharap pelatih akan bertahan karena dia sangat penting untuk tim ini. Sekarang kami harus kembali ke kemenangan, pergi ke Euro dan dalam waktu empat tahun kembali ke Piala Dunia yang diberkati ini,” tegasnya.

Ini menjadi catatan kelam bagi sepak bola Italia. Kedua kali secara beruntun gagal lolos ke putaran final. Edisi sebelumnya Italia tersingkir di babak play-off.

Italia yang saat itu ditangani Gian Piero Ventura takluk satu gol tanpa balas dari Swedia.

Sementara itu, Makedonia Utara semakin mendekati putaran final Piala Dunia 2022. Mereka akan menantang Portugal di partai final play-off. Portugal lolos ke final setelah menyingkirkan Turki 3-1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *