“Comeback” Dramatis atas Thailand, Indonesia ke Perempat Final BAMTC 2023 sebagai Juara Grup

Indonesia akhirnya berhasil mengunci posisi juara Grup C Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023.

Skuad Merah-Putih mencatatkan kemenangan dramatis atas Thailand di Dubai Exhibition Center.

Sempat tertinggal 0-2, Indonesia bangkit mengejar ketertinggalan hingga berbalik unggul dengan skor 3-2.

Anthony Sinisuka Ginting di luar dugaan menyerah dari Shittikom Thammasin. Pemain nomor tiga BWF itu takluk straight set 9-21 dan 12-21 dalam waktu 41 menit.

“Terus terang, saya kurang puas dengan permainan hari ini. Saya merasa sedih karena tidak bisa menyumbangkan angka. Sebagai pemain pertama yang turun bermain, saya belum berhasil mendapatkan angka,” beber Ginting usai laga melansir situs resmi PBSI.

Pemain kelahiran Cimahi, Jawa Barat itu sempat menyinggung kondisi karpet lapangan.

“Saya memang tidak menyalahkan soal kekalahan ini karena karpet yang dipakai. Tetapi karpet tersebut tetap berpengaruh terhadap permainan saya. Permukaan karpetnya licin dan tidak seperti karpet yang sering saya pakai bertanding. Berkali-kali saya terpeleset. Saya tidak bisa main.”

Setali tiga uang, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung pun menelan pil pahit saat menghadapi Busanan Ongbamrungphan, 18-21, 15-21.

“Saya minta maaf kepada tim karena saya tidak bisa menyumbang poin. Apalagi di pertandingan pertama, Indonesia juga kalah.”

Lebih lanjut, pemain yang karib disapa Jorji itu mengaku tidak dalam kondisi fit.

“Dalam kondisi batuk dan pilek, serta kepala pusing, saat bermain terasa sangat berat. Saya merasa kesulitan untuk mengatur napas. Memang hingga poin-poin 15-an, saya masih bisa mengimbangi. Tetapi, setiap ada reli, terasa terganggu dan berat untuk mengatur napas.”

Titik balik Indonesia terjadi saat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membekuk Pharanyu Kaosamaang/Warrapol Thongsa-nga, 21-13, 19-21, 21-16.

“Tadi saat Indonesia tertinggal 0-2 lawan Thailand, kami tidak memikirkannya soal ketinggalan angka itu. Sebaliknya, kami hanya ingin main maksimal dan fokus untuk bisa mendapatkan kemenangan saja. Kami ingin bermain bagus untuk bisa menyumbangkan poin,” beber Fajar Alfian.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti kemudian membuat skor sama kuat usai menumbangkan Benya Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, 18-21, 21-16, 21-14.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang tampil di partai terakhir akhirnya menjadi penentu. Ganda campuran nomor satu PBSI itu sukses membungkam Pakkapon Teeraratsakul/Phataimas Muenwong, 21-18, 21-19
Hasil pertandingan tim bulu tangkis Indonesia versus Thailand (3-2):

Tunggal Putra:
Anthony Sinisuka Ginting vs Sitthikom Thammasin, kalah: 9-21, 12-21

Tunggal Putri:
Gregoria Mariska Tunjung vs Busanan Ongbamrungphan, kalah: 18-21, 15-21

Ganda Putra:
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Pharanyu Kaosamaang/Warrapol Thongsa-nga, menang: 21-13, 19-21, 21-16

Ganda Putri:
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Benya Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, menang: 18-21, 21-16, 21-14.

Ganda Campuran:
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Pakkapon Teeraratsakul/Phataimas Muenwong, menang: 21-18, 21-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *