Arsenal Runtuhkan Harapan Manchester City Juara Community Shield 2023

Arsenal meruntuhkan harapan Manchester City menjuarai Community Shield 2023. The Gunners tampil apik untuk memenangi perebutan trofi di awal musim yang digelar di Stadion Wembley, London pada Minggu, 6 Agustus 2023.

Pertandingan tersebut berkesudahan 1-1 di waktu normal. Pemenang kemudian ditentukan melalui drama adu penalti yang dimenangi Arsenal dengan skor 4-1.

Arsenal pun berhak atas trofi Community Shield tahun ini. City harus kembali bersabar. Back-to-back gagal setelah di edisi sebelumnya kalah dari Liverpool.

City yang merupakan pemilik tiga gelar musim lalu (Liga Premier Inggris, Piala FA, dan Liga Champions Eropa) sebenarnya mampu mencetak gol lebih awal.

Cole Palmer memecah kebuntuan di menit ke-77. Sayangnya, keunggulan tersebut buyar jelang bubaran. Leandro Trossard mencetak gol di detik-detik akhir sebelum laga usai.

Gol di menit ke-90+11 itu memaksa pemenang harus ditentukan lewat adu penalti. Empat penendang Arsenal berhasil menjalankan tugas. Sementara dua eksekutor City tak berhasil yakni Kevin De Bruyne dan Rodri.

Walau gagal naik podium juara, pelatih City, Pep Guardiola tetap menilai positif penampilan timnya. Ia menilai mereka baru saja menuntaskan musim yang luar biasa.

Sementara itu, mereka tidak bisa mempersiapkan laga ini dengan maksimal karena sejumlah agenda dan kesibukan.

“Kami baru saja menuntaskan musim yang luar biasa bikin pusing, para pemain lalu gabung timnas dan bahkan ada yang tidak bisa liburan tiga pekan,” beber Guardiola.

“Kami lalu kembali berkumpul dan cuma berlatih sebentar di Manchester, lalu ke Asia. Kami tidak bisa berlatih di sana karena mustahil melakukannya di sana,” sambungnya.

Lebih lanjut, pelatih asal Spanyol itu menganggap timnya sudah berjuang maksimal.

“Kami bermain cukup bagus saat melawan Bayern dan di dua laga lainnya. Mereka tampil luar biasa meski persiapan cuma beberapa hari. Saya lihat para pemain masih tampil oke, jadi kami tidak bisa protes.”

“Jika kami mampu meningkatkan mentalitas kami, kami bisa memenuhi target untuk tampil lebih baik lagi setelah meraih treble.”

Adu penalti:

Odegaard gol! Arsenal 1-0 Man City
De Bruyne gagal! Arsenal 1-0 Man City
Trossard gol! Arsenal 2-0 Man City
Silva gol! Arsenal 2-1 Man City
Saka gol! Arsenal 3-1 Man City
Rodri gagal! Arsenal 3-1 Man City
Vieira gol! Arsenal 4-1 Man City

Susunan pemain Arsenal versus Manchester City:

Arsenal (4-3-3): Aaron Ramsdale; Ben White, Gabriel (87′ Smith Rowe), William Saliba, Jurrien Timber (76′ Kieran Tierney); Thomas Partey, Declan Rice (81′ Eddie Nketiah), Martin Odegaard; Bukayo Saka, Gabriel Martinelli (75′ Leandro Trossard), Kai Havertz (87′ Fabio Vieira).

Pelatih: Mikel Arteta

Manchester City (4-2-3-1): Stefan Ortega; Kyle Walker, Ruben Dias, John Stones, Manual Akanji; Rodri, Mateo Kovacic (64′ Kevin De Bruyne); Bernardo Silva, Jack Grealish (58′ Phil Foden), Julian Alvarez; Erling Haaland (64′ Palmer).

Pelatih: Josep Guardiola

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *