Raih Ballon d’Or Kedelapan, Messi: Ini yang Terakhir

Lionel Messi menunjukkan dengan gambling bahwa usia tak menghalangi seseorang menggapai prestasi. Di usia lewat kepala tiga, Messi masih bisa berprestasi.

Terbukti, pemain berjuluk La Pulga atau Si Kutu itu mampu meraih Ballon d’Or, menegaskan statusnya sebagai pemain terbaik di dunia.

Bagi Messi, ini merupakan Raihan Ballon d’Or kedelapan setelah sebelumnya pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021.

Menariknya, Messi meraih gelar ini dengan menyisihkan saingan terberat yakni Erling Haaland, bintang muda Manchester City yang tengah naik daun.

Selain itu, Messi naik ke podium tertinggi bukan sebagai pemain dari salah satu klub top di Eropa. Ia adalah pemain Inter Miami yang berkiprah di Amerika Serikat.

Kunci Messi meraih penghargaan ini adalah kesuksesannya membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia edisi terakhir. Ia tampil sebagai pemain terbaik di turnamen akbar itu.

Messi sesungguhnya tidak menyangka bisa kembali meraih Ballon d’Or. Ia sendiri menegaskan tidak menempatkan Ballon d’Or sebagai tujuan utama.
“Aku sudah lama tidak memikirkan Ballon d’Or,” ucap Messi kepada L’Equipe. “Memenangi Ballon d’Or sendiri tidak pernah menjadi prioritasku, bahkan semakin bukan prioritas setelah semua yang sudah kucapai di dalam karierku, dan dibandingkan dengan seluruh momen lain yang telah kualami di dalam hidupku.”
Ia menyadari kesempatan untuk kembali meraihnya semakin tertutup. Ia menyebut ini menjadi Ballon d’Or terakhirnya.

Ya, banyak pemain yang jauh lebih muda tengah bersinar di liga-liga top Eropa. Sebut saja Haaland, Kylian Mbappe, dan Jude Bellingham.

“Kurasa ini adalah Ballon d’Or terakhirku, dan aku gembira bisa mencapai semua yang sudah kucapai, dan menjadi satu-satunya pemain yang memenangi delapan Ballon d’Or.”

Apakah dengan ini Messi akan menutup kariernya bersama timnas Argentina?

Messi tidak memberikan jawaban pasti. Ia masih tercatat sebagai pemain Tim Tango dengan agenda terdekat menghadapi Uruguay di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan.

“Belum pasti, tapi akan hebat untuk berbagi dengan orang-orang Argentina. Penghargaan ini untuk seluruh tim nasional dan semua orang atas apa yang sudah kami capai di Piala Dunia.”

Messi tidak lupa menyebut mantan klubnya yakni Barcelona, tempat ia menghabiskan karier profesionalnya dalam jangka waktu lama.

“Aku selalu berbagi dengan klub-klubku, terutama Barcelona, dan akan bagus untuk melakukannya lagi dengan Argentina,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *