Kalah Adu Penalti dari Vietnam di Final Piala AFF U-23 2023, Shin Tae-yong: Usaha Luar Biasa

Tim nasional U-23 Indonesia harus puas sebagai runner-up Piala AFF U-23 2023. Pada pertandingan final yang digelar di Rayong Provincial Stadium pada Sabtu, 26 Agustus 2023, skuad Garuda takluk dari Vietnam.

Pertandingan sempat berlangsung sama kuat hingga waktu normal. Sayangya, dalam drama adu penalti, dewi fortuna tak berpihak pada Indonesia. Indonesia kalah 5-6.

Kekalahan ini tentu menyedihkan. Indonesia gagal menggapai podium juara. Namun, perjalanan Indonesia ke babak final sungguh tidak mudah. Bahkan sejak persiapan dengan absennya sejumlah pemain utama karena tidak mendapat izin dari klub.

Pelatih utama, Shin Tae-yong angkat topi dengan perjuangan timnya. Ia mengatakan para pemainnya sudah berjuang maksimal selama 120 menit hingga adu tos-tosan.

“Yang pertama, saya mengucapkan terima kasih utuk pemain kedua tim, Indonesia dan Vietnam,” tandasnya melansir situs resmi PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan itu tak lupa mengucapkan selamat untuk Vietnam yang keluar sebagai pemenang.

“Saya juga mengucapkan selamat untuk Vietnam memenangi turnamen ini.”

Menurut, STY, para pemain Indonesia sudah tampil maksimal sepanjang turnamen hingga laga pemungkas.

“Apresiasi juga untuk usaha para pemain, itu merupakan 120 menit usaha yang luar biasa.”

Tidak hanya itu, STY juga memberikan sejumlah masukan kepada Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF). Salah satu yang disorot adalah kinerja wasit.

“Hanya satu hal yang ingin saya sampaikan adalah jika AFF ingin anggotanya berkembang, pemain juga berkembang, kita harus memikirkan beberapa hal.”

“Saya tak bisa menyebutnya secara spesifik, tetapi beberapa situasi tidak menolong pemain. Pemain mungkin punya usaha yang hebat, tetapi keputusan (pengadil) salah. Dan keputusan salah itu tidak bagus. Bisa menghambat perkembangan pemain meskipun mereka punya usaha yang besar,” ungkapnya memberi contoh.

Selain berstatus runner-up, gelandang Arkhan Fikri juga dinobatkan sebagai pemain terbaik selama turnamen.

Hasil ini menjadi modal penting bagi para pemain Indonesia untuk menatap agenda selanjutnya yakni Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Para pemain akan terus digenjot melalui pemusatan latihan yang akan digelar pada 4 September 2023 nanti.

“Kami sudah mendapat pelajaran dari turnamen ini dan akan bersiap lebih baik untuk TC Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, TC nanti mulai di tanggal 4 September,” beber STY.

Perjalanan Indonesia ke panggung Asia tidak akan mudah. Indonesia akan bersaing dengan Taiwan dan Turkmenistan yang akan beradu pada 6-12 September nanti.

Semoga Garuda bisa terbang makin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *