Jelang Hadapi Malaysia di Piala AFF U-23 2023, Bagas Kaffa: Kami Datang Bukan untuk Liburan

Tim nasional U-23 Indonesia bersiap-siap menghadapi timnas U-23 Malaysia di pertandingan pertama penyisihan Grup B Piala AFF U-23 2023. Laga ini akan digelar di Stadion Provinsi Rayong, Thailand pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Selain mengincar kemenangan pertama, laga ini juga menjadi ajang pertaruhan gengsi di antara kedua tim.

Sebagaimana ditegaskan Bagas Kaffa, ia menyebut timnya sudah siap. Mereka akan menghadapinya dengan penuh persiapan. Sebab, mereka datang bukan untuk bersenang-senang melainkan untuk berjuang memetik kemenangan.

“Tentunya saya sangat siap. Saya rasa semua pemain juga sangat siap menghadapi laga nanti. Kita datang ke sini bukan untuk liburan, cuma kita bersiap untuk pertandingan untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” beber Bagas melansir situs resmi PSSI.

Guna menghadapi agenda ini, para pemain Indonesia sudah digembleng dalam persiapan singkat di Jakarta pada 10-13 Agustus lalu sebelum bertokal ke Thailand sehari kemudian.

“Kondisi tim saya rasa cukup membaik, dari awal kita persiapan sampai hari ini semakin membaik. Semakin cair suasananya juga, mungkin sudah mulai menyatu,” sambungnya.

Laga ini digelar hanya berselang sehari setelah peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Ia mengakui Malaysa patut diwaspadai karena memiliki skuad yang bagus. Namun, mereka semakin termotivasi untuk memetik kemenangan sebagai kado untuk ulang tahun Indonesia.

“Tentunya Malaysia punya skuat yang baik. Bagus juga. Mungkin kita harus mewaspadai kekuatan Malaysia, strategi-strategi apa dari pelatih mudah-mudahan kita dapat menerapkan dengan baik. Harapannya besok semoga mendapatkan kemenangan pertama dan untuk kado buat ulang tahun kemerdekaan,” tukas pemain Barito Putera tersebut.

Hal senada dikatakan pelatih timnas, Shin Tae-yong.

Pria asal Korea Selatan itu menyebut tingkat persiapan timnya sudah sangat baik. Tidak hanya untuk menghadapi laga pertama, tetapi juga pertandingan kedua kontra Timor Leste.

“Persiapan kami sangat baik. Kami sudah siap menghadapi Malaysia dan Timor Leste. Saya tidak bisa membawa banyak pemain inti yang bermain di Liga Indonesia. Jadi, banyak pemain pemain baru di sini,” beber Shin Tae-yong melansir situs resmi PSSI.

Dari sisi materi pemain, Shin Tae-yong menyebut tidak ada perbedaan signifikan dari skuad yang diturunkan di SEA Games belum lama ini.

“Karena banyak pertandingan yang menanti jadi harus atur program bersama PSSI dengan baik. Fokus saya sekarang adalah Kualifikasi Piala AFC U-23 bulan depan agar bisa masuk ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar tahun depan. Untuk Piala AFF U-23 ini saya akan mencoba melakukan sesuatu dan mencoba pemain baru,” tandasnya.

Indonesia tentu berharap bisa menjalani start yang bagus sebagai modal untuk menghadapi Timor Leste pada Minggu, 20 Agustus 2023 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *