Jadi Pahlawan Liverpool, Firmino Tuai Pujian

Roberto Firmino menjadi aktor penting di balik kemenangan Liverpool di pekan ke-24 Liga Primer Inggris. Pemain internasional Brasil itu mencetak gol kedua sekaligus memastikan kemenangan The Reds atas tuan rumah Wolverhampton Wanderers. Laga yang berlangsung di Molineux Stadium pada Jumat, 24 Januari 2020 itu dimenangi Liverpool dengan skor 2-1.

Usai pertandingan Firmino mendapat sanjungan. Salah satunya datang dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Menurut Klopp, Firmino tampil bagus dan mencetak gol berkelas.

“Kami mencetak gol yang indah, kami punya penguasaan bola yang ciamik, tapi formasi yang diusung Wolves sangatlah bagus. Ya, itu pola untuk serangan balik, tapi dibuat agar oke saat menguasai bola, menggunakan lebar lapangan,” beber Klopp.

Lebih lanjut pelatih asal Jerman itu mengomentari gol balasan tuan rumah. Ia sulit menerima gol tersebut yang terjadi melalui skema serangan balik. Namun begitu ia senang karena timnya akhirnya mampu mencetak gol tambahan.

“Gol (kebobolan) dari serangan balik memang tidak masuk akal ketika Anda unggul 1-0, tapi ya okelah. Kami tidak 100% jelas dengan apa yang ingin kami lakukan, Anda cuma mencoba untuk punya pendekatan opsimistis,” sambungnya.

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu mengatakan timnya memiliki sejumlah peluang terutama di babak pertama. Beruntung Firmino menjadi pembeda di babak kedua.

“Kami mengubah sistem dua atau tiga kali, kami menenangkan situasi di lapangan. Kami sempat punya peluang-peluang luar biasa di babak pertama, kemudian pada akhirnya momen ajaib dari Bobby (Firmino) yang menentukan,” sambungnya.

Meski begitu ada beberapa hal yang masih harus ditingkatkan. Namun demikian Klopp menyadari bahwa para pemain tetaplah manusia yang memiliki situasi naik dan turun.

“Anak-anak ini juga manusia biasa. Ada sedikit naik-turun. Kami sempat berdiskusi di lapangan, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Bola-bola mati atau sedikit sentuhan teknis bisa mengembalikan posisi kami,” bebernya.

Kemenangan Liverpool ini dibayar mahal dengan cedera Sadio Mane. Pemain itu harus ditarik keluar di menit ke-33 dan digantikan oleh Takumi Minamino.

“Sadio, sungguh disayangkan dia harus keluar. Mudah-mudahan sih tidak terlalu parah, cuma otot yang tertarik, tapi kita lihat saja besok,” beber Klopp.

Sejauh ini pihak Liverpool belum memberikan kabar terbaru. Belum juga dipastikan masalah apa yang dialami oleh pemain asal Afrika itu.

“Dia merasakan sesuatu di hamstring-nya. Kami belum tahu. Kami harus menunggu,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui sepasang gol Liverpool dicetak oleh Jordan Henderson di menit kedelapan dan Roberto Firmino di menit ke-84. Sementara itu satu-satunya gol tuan rumah dicetak oleh Raul Jimenes di menit ke-51.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *