Gasak Fluminense 4-0, Manchester City Juara Piala Dunia Antarklub 2023

Manchester City menegaskan diri sebagai tim terbaik di dunia. Hal ini ditunjukkan di pentas Piala Dunia Antarklub 2023.

The Citizen keluar sebagai pemenang setelah menggasak Fluminense dengan skor telak 4-0 pada pertandingan yang digelar di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada Sabtu, 23 Desember 2023 dini hari WIB.

Julian Alvarez tampil cemerlang dengan mencetak brace alias sepasang gol. Dua gol lainnya dicetak oleh gol bunuh diri Nino serta gol Phil Foden.

Berkat kemenangan ini Manchester Biru pun menambah koleksi gelar setelah sebelumnya meraih treble atau tiga gelar ditambah Piala Super Eropa.

Manchester City langsung tancap gas di awal pertandingan. Belum genap satu menit sudah mampu membuka keunggulan melalui Julian Alvarez yang memaksimalkan bola rebound.

City menggandakan keunggulan di menit ke-27 setelah Nino melakukan gol bunuh diri, salah mengantisipasi tendangan Phil Foden.

Situasi tak juga berubah setelah keluar dari kamar ganti. Foden akhirnya mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-72.

Pesta gol City kemudian ditutup oleh Alvarez di menit ke-88 setelah tembakan kaki kanannya tak mampu digagalkan Fabio.

Pelatih City, Pep Guardiola mengaku sangat bangga dengan pencapaian timnya.

“Saya sangat bangga dengan klub ini. Apa yang telah kami lakukan merupakan pencapaian yang luar biasa,” tandas Guardiola.

Lebih lanjut, pelatih asal Spanyol itu memberikan apresiasi atas perjuangan timnya yang sukses menunjukkan diri sebagai yang terbaik di dunia.

“Memenangkan trofi ini berarti menjadi tim terbaik di dunia dan para pemain kami, pelatih kami, staf ruang belakang kami, semuanya bekerja keras setiap hari untuk membawa kesuksesan ini kepada kami,” sambungnya.

Mantan pelatih Barcelona itu tidak mau terlalu larut dalam kemenangan itu. Ia menegaskan timnya siap untuk menghadapi agenda berikutnya.

“Sebagai seorang manajer, itulah hal yang paling saya banggakan; bahwa kita selalu ada. Tidak peduli seberapa banyak kami menang, tidak peduli trofi apa yang kami angkat, kami akan kembali berjuang untuk meraih gelar berikutnya.”

Terkait pencapaian musim ini, ia menyebutnya tidak lepas dari mentalitas timnya yang luar biasa.

“Memenangkan treble benar-benar istimewa, namun memenangkan dua trofi lagi dan kini memegang lima gelar utama menunjukkan mentalitas unik tim ini, klub, dan para penggemarnya.”

Apa yang diraih City dengan lima gelar dalam satu musim menjadi sejarah tersendiri bagi sepak bola Inggris.

“Ini adalah sesuatu yang belum pernah dicapai oleh tim Inggris lainnya dan kami akan selalu mengingat waktu luar biasa yang kami habiskan bersama.”

Susunan Pemain Manchester City versus Fluminense:

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, John Stones (Josko Gvardiol 74′), Nathan Ake (Oscar Bobb 81′); Rico Lewis (Mateo Kovacic 60′), Rodri (Manuel Akanji 74′); Bernardo Silva, Phil Foden (Matheus Nunes 81′), Jack Grealish; Julian Alvarez.

Pelatih: Pep Guardiola.

Fluminense: Fabio; Samuel Xavier, Nino (Marlon 74′), Felipe Melo (Diogo Barbosa 60′), Marcelo (Alexsander 60′); Andre, Martinelli; Jhon Arias, Paulo Henrique Ganso (Vinicius Lima 60′), Keno (John Kennedy 46′); German Cano.

Pelatih: Fernando Diniz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *