Gasak Filipina 2-0, Indonesia Tembus Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Tim nasional Indonesia akhirnya berhasil memenangkan laga krusial di pertandingan terakhir penyisihan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2024 zona Asia. Menjamu timnas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Selasa, 11 Juni 2024 malam WIB, skuad Garuda menang dua gol tanpa balas.

Sepasang gol tuan rumah dicetak oleh Thom Haye di babak pertama dan Rizky Ridho di paruh kedua.

Berkat kemenangan ini Indonesia dipastikan lolos ke putaran ketiga. Indonesia finis di posisi kedua dengan 10 angka, tepat di belakang Irak.

Sementara itu, Filipina harus puas menjadi juru kunci. Nasib sama juga dialami Vietnam yang gagal mengulangi pencapaian edisi sebelumnya.

Tidak mudah bagi Indonesia untuk menembus dan mencetak gol di awal babak pertama. Indonesia baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-32.

Berawal dari umpan Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye pun melepaskan tembakan jarak jauh akurat yang berhasil merobek gawang Filipina.

Indonesia menambah keunggulan di menit ke-56 setelah umpan tendangan bebas Nathan berhasil disambut Rizky Ridho dengan tandukan mematikan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan tim nasional Indonesia baru saja mengukir sejarah. Dengan format FIFA yang baru menjadi kali pertama lolos hingga ke putaran ketiga.

“Malam ini, timnas Indonesia baru saja mengukir sejarah dengan format FIFA yang terbaru. Kita berhasil lolos ke babak ketiga dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus mengamankan posisi untuk Piala Asia 2027 mendatang,” tandas Erick Thohir melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, Erick mengatakan hasil tersebut menjadi batu loncatan bagi Indonesia untuk berkibar di kancah internasional.

“Ini merupakan batu loncatan bagi prestasi timnas Indonesia, ini berkat doa dan dukungan seluruh pecinta sepak bola Indonesia serta ridho dari Allah SWT. Alhamdulillah, hingga hari ini Timnas bermain dengan semangat juang dan mental yang kuat.”

Ia mengingatkan para pemain agar tak jemawa. Sebab lawan di putaran berikutnya akan lebih kuat. Indonesia akan berpotensi menghadapi para raksasa Asia.

“Babak berikutnya akan jauh lebih menantang, namun Insya Allah kami percaya bahwa ikhtiar tidak akan mengkhianati hasil. Bismillah, mari kita kawal Timnas Indonesia terbang mendunia,”pungkas Erick Thohir.

Susunan pemain timnas Indonesia versus timnas Filipina: s

Timnas Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Calvin Verdonk, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Filipina (4-2-3-1): Kevin Ray Mendoza; Scott Woods, Adrian Ugelvik, Jesper Nyholm, Santiago Rublico; Michael Baldisimo, Kevin Ingreso; Dylan Demuynck, Zico Bailey, Alex Monis; Patrick Reichelt

Pelatih: Tom Saintfiet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *