Timnas Indonesia Akui Keunggulan Irak di Pertandingan Pertama Piala Asia 2023

Tim nasional Indonesia harus mengakui keunggulan timnas Irak di pertandingan pertama penyisihan Grup D Piala Asia 2023. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar pada Senin, 15 Januari 2024 malam WIB, skuad Garuda takul dengan skor 1-3.

Indonesia hanya mampu mencetak gol balasan melalui Marselino Ferdinan di menit ke-37, merespon gol Mohamad Ali pada menit ke-117.

Irak berhasil menambah sepasang gol melalui Osama Rishad di menit ke-45+7 dan Aymen Hussein di menit ke-75.

Kekalahan ini membuat armada Shin Tae-yong harus bekerja keras di pertandingan kedua menghadapi Vietnam, sebelum bersua tim kuat lainnya yakni Jepang di laga terakhir penyisihan grup.

Secara keseluruhan, Indonesia berada dalam kendali Irak. Tim dari negara teluk itu berhasil menguasai bola dan memberikan tekanan secara intensif ke pertahanan Indonesia.

Gol pembuka Irak bermula dari aksi Mohamad Ali yang mampu merebut bola yang mengarah ke Elkan Baggott.

Indonesia sempat memberikan reaksi positif setelah pergerakan Yakob Sayuri di sisi kanan berhasil dilanjutkan dengan umpan terukur yang dituntaskan Marselino Ferdinan dengan sempurna.

Sebelum jeda, Irak mendapat kesempatan mencetak gol kedua. Gol ini sempat menuai protes dan wasit harus mengkonfirmasi pada VAR. Sang pengadil pertandingan kemudian mensahkan gol tersebut.

Iran sempat menambah gol di menit ke-50 melalui Amir Fuad. Namun, wasit menganulir gol tersebut setelah meninjau VAR.

Gol ketiga Irak berawal dari Ayme Hussein yang mampu merebut bola udara dari Rizky Ridho. Ia kemudian melepaskan tendangan voli yang berhasil mengoyak gawang Indonesia yang dijaga Ernando Ari.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong menyebut timnya sudah berjuang maksimal. Ia tidak lupa memberikan selamat kepada Irak.

“Pertama-tama, selamat untuk tim Irak yang menang dalam laga ini. Meski begitu, timnas Indonesia menunjukkan perjuangan terbaik, dan performa yang bagus di laga ini,” tandas Shin Tae-yong melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu sedikit meragukan keabsahan gol kedua Irak. Ia menilai gol tersebut berbahu offside.

“Saya tidak tahu mengapa gol kedua tidak dianggap offside. Itu 100 persen offside, jika ini adalah benar keputusan yang salah dari wasit, kami menyayangkan itu, apalagi terjadi di momen penting,” tambahnya.

Susunan pemain Indonesia versus Irak :

Timnas Indonesia (3-4-3): 21-Ernando Ari Sutaryadi (PG); 5-Rizky Ridho Ramadhani, 4-Jordi Amat, 3-Elkan Baggott; 14-Asnawi Mangkualam, 24-Ivar Jenner, 25-Justin Hubner, 12-Pratama Arhan; 2-Yakob Sayuri, 11-Rafael Struick, 7-Marselino Ferdinan.

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Irak (4-2-3-1): 12-Jalal Hassan, 4-Suad Natiq, 3-Hussein Ali, 6-Ali Adnan, 23-Merchas Doski, 20-Osama Rashid, 16-Amir Al Ammari, 8-Ibraheem Bayesh, 11-Zidane Iqbal, 17-Ali Jasim, 10-Mohanad Ali.
Pelatih: Jesus Casas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *