Menang Telak Atas Basel, Shakhtar Tantang Inter Milan di Semi Final Liga Europa

Shakhtar Donetsk sukses merebut tiket ke babak semi final Liga Europa setelah mencatatkan kemenangan telak atas Basel dengan skor 4-1 di babak perempat final. Laga ini digelar di Veltins-Arena, Gelsenkirchen, Jerman pada Rabu, 12 Desember 2020 dini hari WIB.

Empat gol kemenangan Shakhtar dicetak oleh Junior Moraes, Taison, Alan Patrick, dan Dodo. Sementara itu, gol tunggal Basel lahir dari kaki Ricky van Wolfswinkel.

Kemenangan ini mengantar Shakhtar ke babak semi final. Tim asal Ukraina ini sudah ditunggu Inter Milan. Duel kedua tim untuk memperebutkan satu tiket babak final akan tersaji pada Selasa, 18 Agustus 2020 dini hari WIB.

Di laga perempat final ini Shakhtar tampil dominan. Tim tersebut mampu mengendalikan jalannya pertandingan sejak awal laga. Tak heran bila Shakhtar mampu mencetak gol cepat saat laga baru berjalan dua menit. Junior Moraes sukses membuka pesta gol Shakhtar.

Selang 20 menit kemudian giliran Taison yang mencatatkan namanya di papan skor. Shakhtar pun memimpin dua gol di paruh pertama. Setelah jeda, Shakhtar mampu menambah dua gol lagi. Sementara itu Basel hanya mampu mencetak satu gol hiburan melalui Ricky van Wolfswinkel.

Kubu Inter Milan sepertinya jemawa menghadapi Shakhtar di babak semi final. Sebagaimana tergambar dari pernyataan bek Inter, Diego Godin yang optimis bahwa Shakhtar adalah tim yang mudah dikalahkan.

“Kurasa kami pantas menang. Kami memang harus berusaha keras, tapi mereka toh tidak membuat banyak peluang,” beber Godin.

“Kami mengendalikan permainan dan melakukan banyak hal bagus, menciptakan banyak peluang untuk menghabisi pertandingan. Kami menang, itulah yang penting.”

Lebih lanjut mantan pemain Atletico Madrid itu menilai timnya kini siap untuk mengukir sejarak di pentas Liga Europa. Ini merupakan kali pertama tim asal Italia itu mencapai babak semi final dalam 10 tahun terakhir.

“Kami menjejak semifinal Eropa pertama dalam 10 tahun dan kami sangat gembira. Kita lihat saja siapa lawan kami selanjutnya, tapi sebelumnya kami akan rehat dan memulihkan diri. Kami akan menikmati momen ini, hal yang penting untuk kami, staf, fans, dan klub.”

Susunan Pemain Shakhtar Donetsk versus Basel:

Shakhtar Donetsk: Andriy Pyatov (c); Dodo, Sergey Krivtsov, Valerii Bondar, Mykola Matvyenko; Marcos Bahia (Maycon Barberan 85′), Taras Stepanenko; Marlos Bonfim (Manor Solomon 72′), Alan Patrick (Viktor Kovalenko 78′), Taison (Tete 85′); Junior Moraes (Fernando 85′).

Pelatih: Luis Castro

Basel: Djordje Nikolic; Silvan Widmer, Omar Alderete, Jasper van der Werff (Ramires 73′), Raoul Petretta; Taulant Xhaka (Yannick Marchand 60′), Samuele Campo, Fabian Frei; Valentin Stocker (c) (Ricky van Wolfswinkel 73′), Arthur Cabral (Kemal Ademi 73′), Afimico Pululu.

Pelatih: Marcel Koller

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *