Tunggal Putra dan Ganda Putra Jadi Tumpuan di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 sudah di depan mata. Ajang bergengsi ini akan digelar di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus 2022 mendatang.

Indonesia menaruh harapan pada sektor ganda putra dan tunggal putra agar bisa berbicara banyak di ajang ini. Empat pasangan yang diturunkan, yaitu Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, diterjunkan.

“Persiapan untuk Kejuaraan Dunia 2022 dari setiap sektor, saya lihat sudah maksimal dan cukup matang. Saya berharap apa yang sudah dilatih bisa semua dikeluarkan saat pertandingan,” ujar Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI melansir pbsi.id.

Lebih lanjut, mantan pelatih timnas Jepang itu mengaku keempat pasang itu bisa memikul tanggung jawab. Ia berharap sektor ini bisa menggapai podium juara.

“Untuk target, saya melihat empat ganda putra bisa menjadi andalan. Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra masih ada di top 3. Lalu, Fajar/Rian juga sangat konsisten tahun ini dan Bagas/Fikri bisa juara All England 2022. Dari persiapan sangat serius, mereka terlihat ingin memenangkan persaingan. Ini menjadi positif sehingga saya berharap ganda putra bisa meraih gelar juara dunia,” sambungnya.

Selain ganda putra, Rionny juga mematok sektor tunggal putra sebagai tumpuan meraih gelar juara. Penampilan tiga wakil Merah-Putih di sektor ini di beberapa turnamen terakhir membuat Rionny yakin, mereka mampu menyumbang gelar juara.

“Selain ganda putra, tunggal putra dalam kondisi yang cukup baik. Mereka sudah tahu lawan masing-masing dan sudah mengantisipasi, terutama yang dianggap terkuat yaitu Viktor Axelsen dari Denmark. Saya harapkan mereka terus fit dan all out. Pun Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo bisa menjadi tim untuk mencapai gelar juara,” tuturnya.

Sementara di sektor tunggal putri, Indonesia yang mengirimkan dua wakil, Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani, saat ini sudah masuk ke puncak persiapan.

“Persiapan sudah masuk ke pemantapan teknik pukulan. Banyak simulasi pertandingan dan sparring juga. Kemarin kita lihat di Malaysia dan Singapura, progress-nya bagus. Semoga berlanjut ke Kejuaraan Dunia,” terang Herli Djaenudin, asisten pelatih tunggal putri.

Melihat hasil undian, Gregoria mengaku punya target pribadi dan ingin fokus satu demi satu pertandingan.

Satu wakil tunggal putri lainnya, Putri Kusuma Wardani akan berhadapan dengan wakil Malaysia, Soniia Cheah di babak 64 besar.

Apakah dari sektor-sektor itu bisa membuat Garuda terbang tinggi di Tokyo nanti? Semoga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *