Menang 1-0 di Kandang PSG, Dortmund Segel Tiket Final Liga Champions 2023/2024

Borussia Dortmund sukses menjaga tren positif di babak semifinal Liga Champions 2023/2024. Die Borussien kembali memetik kemenangan atas Paris Saint-Germain (PSG) di leg kedua yang berlangsung di Parc des Princes pada Rabu, 8 Mei 2024 dini hari WIB.

Walau bertindak sebagai tim tamu, Dortmund berhasil meredam agresivitas tuan rumah dan mengunci kemenangan satu gol tanpa balas.

Gol tunggal kemenangan tim tamu dicetak oleh Mats Hummels. Pemain senior Jerman itu berhasil menyambut sepak pojok dengan tandukan mematikan tanpa bisa digagalkan kiper tuan rumah, Gianluigi Donnarumma.

Berkat kemenangan ini Dortmund mantap ke babak pemungkas dengan keunggulan agregat 2-0, setelah di leg pertama di kandang sendiri juga menang dengan skor serupa.

Sementara itu, mimpi Les Parisien untuk menginjak partai final pupus. Armada Luis Enrique harus menanti musim depan untuk menggapai impian menjadi kampiun Eropa.

Selanjutnya, Dortmund akan berebut “Si Kuping Lebar” dengan pemenang antara Bayern Muenchen versus Real Madrid. Partai final akan digelar di Stadion Wembley, London pada 2 Juni 2024 nanti.

Pelatih PSG, Luis Enrique tak habis pikir timnya harus menelan pil pahit meski mampu mendominasi pertandingan.

“Ketika hasilnya seperti itu, ya tentu saja itu adalah pertandingan yang sulit. Saya pikir pertandingan yang ketat tetapi sejujurnya saya pikir kami pantas memenangkan pertandingan.”

Mantan pelatih Barcelona itu menyebut mereka memiliki 31 tembakan dan empat di antaranya membentur tiang gawang. Baginya, sepak bola terkadang tidak adil.

“Kami menciptakan 31 tembakan, empat membentur tiang dan setidaknya dalam dua pertandingan kami membentur tiang enam kali dan kami tidak mencetak gol. Ini tidak dapat dipercaya. Sepak bola terkadang sangat tidak adil.”

Meski begitu, pelatih asal Spanyol itu tetap memberikan apresiasi kepada Dortmund. Ia berharap tim tersebut bisa sukses di Wembley nanti.

“Selamat untuk mereka, mereka adalah tim yang hebat. Mereka melakukannya dengan baik dan saya harap mereka bisa sampai di final dan memenangkannya.”

Ia berharap para pemain PSG bisa segera bangkit untuk menghadapi laga-laga selanjutnya terutama di pentas domestik dan kembali berjuang musim depan.

“Kami mencoba menciptakan sesuatu yang positif. Sekarang ini adalah momen yang menyedihkan, tetapi pada saat yang sama olahraga bekerja dengan cara seperti itu. Kami harus membuat sesuatu yang istimewa tahun depan dan mencoba memenangkan kompetisi ini.”

Susunan pemain Paris Saint-Germain (PSG) versus Borussia Dortmund:

PSG: Gianluigi Donnarumma; Achraf Hakimi, Marquinhos, Lucas Beraldo, Nuno Mendes; Vitinha, Warren Zaire Emery (Lee Kang-in 76′), Fabian Ruiz (Marco Asensio 63′); Ousmane Dembele, Goncalo Ramos (Bradley Barcola 63′), Kylian Mbappe.

Pelatih: Luis Enrique.

Dortmund: Gregor Kobel; Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, Ian Maatsen; Marcel Sabitzer, Emre Can; Jadon Sancho (Niklas Sule 67′), Julian Brandt (Felix Nmecha 85′), Karim Adeyemi (Marco Reus 56′); Niclas Fullkrug.

Pelatih: Edin Terzic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *