Max Verstappen Kunci Status Juara Dunia F1 2023

Persaingan menjadi juara dunia Formula One (F1) 2023 sudah mencapai klimaks. Max Verstappen sudah resmi menyandang status sebagai juara dunia.

Hal itu terjadi setelah memenangkan sesi sprint race F1 GP Qatar pada 8 Oktober 2023 dini hari WIB lalu.

Verstappen sesungguhnya hanya butuh tiga angka untuk mengklaim gelar tersebut. Ia pun tak membuang kesempatan untuk segera menyegelnya dengan mengunci posisi pertama termasuk saat merebut “pole position”.

Ditambah lagi, Sergio Perez yang menjadi pesaing terdekat gagal menyelesaikan sprint race. Ia terhenti di lap ke-11 sehingga peluang menjadi juara dunia lepas dari tangannya.

Verstappen mengumpulkan 407 poin. Jumlah tersebut tak mungkin disalip para pesaing, termasuk rekan setimnya yang berada di urutan kedua yakni Sergio Perez.

Lima seri tersisa sudah tak mungkin bagi Perez atau para pebalap lain untuk mengejar apalagi melampaui poin Verstappen.

Verstappen memang tampil dominan di musim ini. Ia mampu meraih kemenangan dalam 13 seri balapan. Ia pun berpeluang melampaui perolehan poin saat menjadi juara dunia tahun lalu yakni 454 poin di akhir musim.

Verstappen pun mengukir hat-trick juara dunia F1 yang direbut secara beruntun sejak musim 2021 lalu.
“Perasaan yang fantastis. Ini merupakan tahun yang luar biasa. Sangat bangga dengan kerja dari tim. Bisa menjadi juara dunia tiga kali sungguh luar biasa,” tandas Verstappen.

Lebih lanjut, ia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang sudah membantunya, terutama segenap tim yang dianggap sudah melakukan pekerjaan luar biasa.

Saya tentunya hendak mengucapkan terima kasih kepada segenap tim dan juga khususnya Honda yang telah melakukan pekerjaan yang luar biasa sepanjang musim ini sehingga kesuksesan ini dapat kembali kita nikmati bersama.”

Pebalap asal Belanda itu menyebut raihan gelar musim ini terasa berbeda. Salah satunya karena ia tampil begitu bagus dengan menjuarai 13 seri sejauh ini.
“Semua gelar saya terasa sangat berbeda, dan menurut saya itu sangat indah. Yang pertama sangat emosional, menurut saya yang ini adalah yang terbaik dalam hal performa dan dominasi sebagai sebuah tim, jadi banyak perasaan berbeda dari ketiganya.”

Verstappen tentu tidak mau berpuas diri. Ia masih akan bertarung di musim-musim mendatang untuk menambah panjang koleksi juara dunia yang masih tertinggal dari pebalap-pebalap legendaris lainnya seperti Lewis Hamilton yang sudah tujuh kali menjadi juara dunia.

“Saya pikir tidak ada seorang pun yang menyangka di dalam tim bahwa kami akan menjalani musim ini dengan kemenangan sebanyak ini. Tentu saja kami sangat bangga dengan pencapaian kami dan saya sangat bangga duduk di sini membicarakan kejuaraan,” tutupnya.

Daftar Pebalap F1 yang Berhasil Meraih Tiga Kali Juara Dunia F1:

Jack Brabham (juara dunia F1 1959, 1960, dan 1966)

Jackie Stewart (1969, 1971 dan 1973)

Niki Lauda (1975, 1977 dan 1984)

Nelson Piquet (1981, 1983 dan 1987)

Ayrton Senna (1988, 1990 dan 1991)

Max Verstappen (2021, 2022 dan 2023)

Daftar Pebalap F1 yang Meraih Lebih dari Tiga Gelar:

Michael Schumacher – tujuh gelar juara dunia F1

Lewis Hamilton : tujuh gelar juara dunia F1

Juan Manuel Fangio : lima gelar juara dunia F1

Alain Prost empat gelar juara dunia F1

Sebastian Vettel : empat gelar juara dunia F1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *