Inggris Takluk di Uji Coba Terakhir Jelang Euro 2024

Tim nasional Inggris harus menelan pil pahit dalam laga uji coba internasional menghadapi Islandia pada Sabtu, 8 Juni 2024 dini hari WIB. Bermain di kandang sendiri di Stadion Wembley, The Three Lions menyerah dengan skor 0-1.

Gol tunggal kemenangan tim tamu dicetak oleh Jon Dagur Porsteinsson di menit ke-12. Inggris mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola lebih dari 60 persen. Namun, tak satu pun peluang berhasil dikonversi menjadi gol.

Kekalahan ini tentu menjadi evaluasi serius bagi armada Gareth Southgate yang akan tampil di putaran final Euro 2024.

Laga ini adalah pertandingan pemanasan terakhir sebelum bertarung di Jerman.

Kapten timnas Inggris, Harry Kane menyadari situasi yang dialami di laga ini akan ditemukan saat Piala Eropa nanti.

“Hampir semua pertandingan grup akan sangat mirip [dengan Islandia dalam hal] bagaimana tim-tim tersebut mengatur permainan,” tandasnya.

Pemain depan Bayern Muenchen itu menyadari Inggris menjadi salah satu favorit sehingga harus membuktikan kualitasnya di lapangan pertandingan.

“Kami akan tampil sebagai salah satu tim favorit dan itu adalah tanggung jawab yang harus kami emban sekarang, karena kami berhak untuk berada di sana. Kami tidak akan pernah menganggap remeh,” sambung Kane.

Ia menegaskan pihaknya akan tampil baik di turnamen nanti. Karena itu, ia meminta para pengkritik untuk menanti sampai turnamen berlangsung untuk menilai performa mereka.

“Saya telah mengatakan berkali-kali untuk menilai kami berdasarkan performa di turnamen. Tetapi saya pikir ada banyak optimisme dari para penggemar dan memang seharusnya begitu.”

Ia menyadari yang terpenting adalah tekad para pemain untuk tampil maksimal di lapangan pertandingan.

“Pada akhirnya, semua tergantung pada kami untuk memastikan bahwa kami melakukannya dengan benar di atas lapangan. Ini bisa menjadi peringatan yang bagus bagi semua orang untuk menyadari bahwa ini tidak akan semudah yang dibayangkan. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan.”

Mantan pemain Tottenham Hotspur itu menyebut Inggris memiliki kans untuk berbicara banyak di level Eropa.

“Hampir saja menjadi juara di Euro terakhir, ada rasa lapar yang nyata untuk kembali. Saya merasa kami berada di jalur yang tepat. Namun, seperti yang kita semua ketahui, sangat sulit untuk memenangkan turnamen-turnamen seperti ini.”

Ia yakin mereka bisa mencapai babak final, sama seperti yang dilakukan pada edisi sebelumnya di kandang sendiri.

“Kami memiliki pola pikir bahwa kami bisa meraihnya. Kami juga tahu bahwa ada banyak kerja keras yang kami butuhkan dari sekarang hingga final di bulan Juli.”

Susunan pemain timnas Inggris versus timnas Islandia:

INGGRIS (4-2-3-1): Ramsdale, Trippier, Guehi, Stones, Walker; Rice, Mainoo; Gordon, Palmer, Foden; Kane

Subs: Gomez, Konsa, Toney, Alexander-Arnold, Eze, Saka

Pelatih: Gareth Southgate

ISLANDIA (4-2-3-1): Valdimarsson; Finnsson, Gretarsson, Ingason, Bjarkason; Gudmundsson, Traustason; Porsteinsson, Haraldsson, Anderson; Gudjohnsen

Subs: Sigurdsson, Pordarson, Fridriksson, Johannesson

Pelatih: Age Hareide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *