Gasak Kamboja 2-0, Garuda Nusantara Kian Kokoh di Puncak Grup ASEAN U-19 Boys Championship 2024

Tim nasional U-19 Indonesia terus melanjutkan tren positif di ajang ASEAN U-19 Boys Championship 2024. Menghadapi timnas Kamboja di laga kedua penyisihan Grup A pada Sabtu, 20 Juli 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, skuad Garuda Nusantara sukses memetik kemenangan dua gol tanpa balas.

Sepasang gol Indonesia dicetak oleh Kadek Arel di menit ke-71 dan Iqbal Gwijangge di menit ke-86.

Berkat kemenangan ini Indonesia makin kokoh di puncak grup dengan raihan enam poin, hasil sermpurna dari dua pertandingan.

Indonesia pun semakin dekat lolos ke babak knock-out. Di pertandingan selanjutnya, armada Indra Sjafri akan menghadapi timnas Timor Leste.

“Tentu saya tetap mengapresiasi perjuangan para pemain. Walaupun mereka, saya pikir, saya sendiri, mereka sudah berjuang untuk bisa memenangkan pertandingan, walaupun sulit,” tandas Indra Sjafri usai laga melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, ia mengatakan tidak mudah untuk mencetak gol ke gawang Kamboja yang bermain dengan baik.

“Karena yang kita hadapi tadi mereka itu bermain dengan tim deep defending, benar-benar butuh kesabaran, butuh sirkulasi bola yang lebih cepat.”

Meski menang ada sejumlah catatan yang masih harus diperbaiki seperti akurasi umpan dan pemanfaatan lebar lapangan.

“Tapi di babak pertama kita banyak salah passing dan kita pergunakan lebar lapangan, yang biasanya kita overload di pinggir tapi mereka bisa tutup itu dan akhirnya di babak kedua kita ubah coba untuk bisa directly di dalam penalty area, dan ada dua gol terjadi di babak ke-2 dan ini perlu disyukuri.”

Indra mengatakan di pertandingan kontra Timor Leste ia berpeluang melakukan sejumlah rotasi sebagai persiapan menghadapi babak semifinal.

“Yang pasti chance kita untuk lolos grup itu sudah sangat terbuka dan kita akan berpikir untuk pertandingan di babak selanjutnya.”

Kadek Arel yang menjadi salah satu pemain kunci di pertandingan ini mengungkapkan apresiasi kepada sejumlah pihak yang sudah mendukung Garuda Nusantara.

“Terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat Indonesia yang sudah mendukung kita, karena tanpa dukungan kalian, kita tidak bisa apa-apa. Soal gol tadi, itu adalah berkat kerja keras semua pemain, di mana tadi saya dapat umpan tendangan sudut dari Kafiatur, dan kebetulan saja saya berada di posisi yang tepat, semoga ini bisa menjadi motivasi bagi saya selanjutnya untuk bisa membantu tim ini menjadi lebih baik lagi.”

Pemain bernomorpunggung 4 itu mengatakan yang terpenting adalah mereka bisa memetik poin penuh.

“Astungkara di pertandingan malam hari ini, kita bisa mendapatkan tiga poin lagi, kedua juga tidak lupa kepada keluarga dan teman-teman saya yang sudah mendukung saya. Pastinya kita akan selalu evaluasi, semoga bisa kembali meraih kemenangan di laga selanjutnya,” tutupnya.

Susunan Pemain Timnas Kamboja versus Timnas Indonesia:

Timnas Kamboja: 1-Mat lany, 2-Sonn Thavisiv (Sa Usos 78′), 3-Bong Samuel, 4-Em Chummsideth (Uk Devin 90+1′), 6-Tum Makara (Var David 78′), 9-Eav Sovannara (It Sony 78′), 10-Lim Lucca Thong, 11-Sorm Borith, 13-Chheang Kimsong, 14-Chhin Vennin,23-Phoeuk Thatthai

Timnas Indonesia: 1-Ikram Algiffari, 4-Kadek Arel, 5-Muhammad Alfharezzi Buffon, 7-Figo Dennis (Welber Jardim 34′), 8-Arkhan Kaka (Jens Raven 46′), 11-Riski Afrisal (Mufdi Iskandar 55′), 16-Dony Tri Pamungkas, 17-Muhammad Mufli (Sulthan Zaky 90+2′), 18-Toni Firmansyah (Muhammad Kafiatur 46′), 20-Arlyansyah Abdulmanan, 21-Iqbal Gwijangge

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *