Evaluasi Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Imbang Tanpa Gol vs Tanzania

Tim nasional Indonesia hanya memetik hasil imbang dalam laga uji coba menghadapi timnas Tanzania di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada Minggu, 2 Juni 2024.

Duel kedua tim berakhir dengan skor kaca mata alias tanpa gol.

Pelatih skuad Garuda, Shin Tae-yong memberi kesempatan kepada 21 pemain. Pelatih asal Korea Selatan itu tentu ingin untuk memberi menit bermain kepada para pemain yang dipanggilnya sekaligus mengukur sejauh mana kemampuan mereka.

Meski mendominasi pertandingan, tidak mudah bagi Indonesia untuk membobol gawang lawan. Alhasil tidak ada gol tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai.

Dalam pernyataan usai pertandingan, Shin Tae-yong menegaskan pertandingan ini menjadi kesempatan untuk mengembalikan ritme para pemain setelah liburan.

“Memang seperti apa yang dibicarakan sebelumnya, hasil tidak begitu penting, saya hanya ingin melihat keseluruhan kondisi pemain, fisik, dan juga lainnya. Saya juga akan mengevaluasi performa para pemain di laga tadi, termasuk soal sentuhan bola yang kurang dan komunikasi juga,” tandas  Shin Tae-yong melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, pria asal Korea Selatan itu mengakui para pemain belum sepenuhnya kembali ke kondisi terbaik.

Masih ada waktu baginya untuk mempersiapkan tim Indonesia untuk menghadapi dua laga penentuan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, masing-masing menghadapi Irak dan Filipina.

“Memang para pemain merasakan capek ya, tetapi dengan selesai laga ini pastinya akan meningkat cepat dan baik. Apalagi besok recovery serta istirahat, tanggal 4 dan 5 Juni itu masuk periode penyesuaian kondisi, dan saya akan mempersiapkan tim lebih baik. Irak tim terbaik di grup kita, skuad mereka sangat bagus, bukan lawan mudah bagi kami, tetapi ini laga kandang, jadi saya akan memaksimalkan semuanya agar di laga nanti dapat hasil baik,” tutupnya.

Susunan pemain timnas Indonesia versus timnas Tanzania:

INDONESIA (3-4-3): Ernando; Ridho, Amat, Walsh; Pattynama, Haye, Jenner, Mangkualam; Marselino, Struick, Oratmangoen

Subs: Arhan, Ferarri, Kambuaya, Satryo, Hubner, Risaldi, Yakob, Egy, Dimas, Nathan, Nadeo

Pelatih: Shin Tae-yong

TANZANIA (4-5-1): Salim; Mohamed, Issa, Lawi, Van den Bos; M’Mombwa, Kagoma, ABraham, Mkami, Balua; W. Junior

Subs: Kawawa, Josiah, Makame, Ahmada, Geoffrey, Habibu, Starkie

Pelatih: Hamed Suleiman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *