Meski Gagal Menang, Southgate Puas dengan Performa Inggris Kontra Slovenia di Euro 2024

Tim nasional Inggris tak mampu memetik kemenangan di matchday terakhir penyisihan Grup C Euro 2024 saat menghadapi timnas Slovenia.

Bertarung di RheinEnergieStadion pada Rabu, 26 Juni 2024, kedua tim mengakhiri pertandingan dengan skor kaca mata alias tanpa gol.

Inggris sebenarnya tampil superior dengan penguasaan bola mencapai 74 persen. Namun, tak satu pun peluang mampu dikonversi menjadi gol.

Meski hanya meraih hasil imbang, Inggris sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan mengemas lima poin. Sementara itu, Slovenia finis di posisi ketiga.

Di tengah kritik terkait penampilan Inggris, sang pelatih, Gareth Southgate tetap tenang. Ia malah mengaku puas denga napa yang ditunjukkan para pemainnya.

“Saya pikir kami jauh lebih baik dalam menguasai bola. Kami telah menciptakan beberapa peluang bagus,” tandas Southgate.

Pria asal Inggris itu mengakui tidak mudah bagi mereka untuk bisa mengalahkan kontestan di event akbar ini.

“Saat ini, ini adalah pekerjaan yang sulit bagi kami. Kami tidak cukup mendapatkan celah di depan gawang.”

Ia senang karena mereka pada akhirnya bisa menjaga gawang tetap “perawan” hingga akhir laga.

“Kami memiliki disiplin untuk menjaga clean sheet, yang akhirnya membuat kami memuncaki grup. Saya memahami beberapa respon yang muncul, namun ini adalah kondisi yang aneh saat kami bermain.”

Terkait berbagai kritik, ia mengatakan pihaknya selalu berjuang memenangkan pertandingan, Namun, situasi di lapangan pertandingan tidak otomatis sesuai harapan.

“Kami ingin memenangkan pertandingan, seperti yang Anda lihat dari perubahan serangan yang kami lakukan. Ada banyak hal yang dapat kami kembangkan dari pertandingan ini dan banyak hal yang mulai menyatu.”

Ia menegaskan di balik minim gol, ada aspek lain yang membuatnya senang dengan skuad Tiga Singa.

“Saya tidak berpikir kami seharusnya bisa melaju dari posisi kami saat itu untuk menang 3-0 atau 4-0, itu tidak realistis dengan intensitas permainan yang kami tampilkan. Namun ada banyak hal yang membuat saya sangat senang.”

Ia mengapresiasi penampilan para pemain pelapis yang tetap bisa memberikan dampak setelah masuk dari bangku cadangan.

“Kami tampil lebih berbahaya dan kami mendapatkan dampak yang baik dari para pemain pengganti. Kami sekarang hanya perlu mengonversi peluang-peluang tersebut.”

Susunan pemain Inggris versus Slovenia:

INGGRIS (4-2-3-1): Pickford; Trippier (84′ Alexander-Arnold), Guehi, Stones, Walker; Rice, Gallagher (46′ Mainoo); Foden (89′ Gordon), Saka (71′ Palmer), Bellingham; Kane

Pelatih: Gareth Southgate

SLOVENIA (4-4-2): Oblak; Janza (90+1′ Balkovec), Bijol, Drkusic, Karnicnik; Mlakar (86′ Stankovic), Elsnik, Cerin, Stojanovic; Sesko (75′ Ilicic), Sporar (86′ Celar)

Pelatih: Matjaz Kek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *