Indonesia Kalah Telak 1-5 dari Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tim nasional Indonesia harus menelan pil pahit di pertandingan pertama Grup F putaran kedua Kualifikasi Piaal Dunia 2026 zona Asia yang digelar di Basra Sport City Stadium pada Kamis, 16 November 2023.

Menghadapi tuan rumah Irak, skuad Garuda takluk dengan skor telak 1-5.

Tuan rumah memang tampil superior sejak awal pertandingan. Lima gol mereka dicetak oleh Bashar Resan di menit ke-20, gol bunuh diri Jordi Amat di menit ke-35, Osama Rashid di menit ke-61, Youssef Amyn di menit ke-81 dan Aldin El Zubaidi di menit ke-89.

Satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Shayne Pattynama di menit ke-45+3.

Kekalahan ini membuat Indonesia harus berjuang keras di laga-laga selanjutnya bila ingin menjaga harapan melaju ke putaran selanjutnya.

Persaingan semakin ketat lantaran di waktu yang hampir bersamaan, timnas Vietnam sukses mengalahkan timnas Filipina dua gol tanpa balas.

Dua gol Vietnam dicetak oleh Nguyen Van Toan di menit ke-16 dan Nguyen Bac Dinh di menit ke-90+4.

Dengan hasil ini, Indonesia berada di posisi buncit bersama Filipina yang sama-sama belum menuai satu poin pun.

Sementara itu, Irak berada di urutan pertama dengan tiga poin. Jumlah poin yang sama dikemas Vietnam di posisi kedua.

Indonesia akan menjalani laga tandang di pertandingan kedua. Armada Shin Tae-yong akan menghadapi tuan rumah Filipina di Rizal Memorial Stadium pada 21 November 2023. Di kesempatan yang sama Vietnam dan Irak akan saling berhadapan.

Apakah Indonesia mampu menebus kegagalan di Irak untuk menjaga api harapan tetap bernyala?

Susunan pemain timnas Irak versus timnas Indonesia:

Timnas Indonesia (3-4-1-2): Nadeo Argawinata; Rizki Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggot; Asnawi Mangkualam, Adam Alis (46′ Arkhan Fikri), Marc Klok (76′ Witan Sulaeman), Shayne Pattynama; Ricky Kambuaya (46′ Saddil Ramdani); Dimas Drajad (39′ Struick), Dendy Sulistyawan (76′ Pratama Arhan).

Pelatih: Shin Tae-yong.

Timnas Irak (4-2-3-1): Jalal Hassan; Merchas Doski, Ali Adnan, Rebin Sulaka, Hussein Ali; Osama Rashid (67′ Ahmad Allée), Amir Al-Ammari; Bashar Resan (68′ Youssef Amyn), Ali Jasim, Ibrahim Bayish (85′ Mustafa Saadoun); Aymen Hussein (79′ Ali Al Zubaidi).

Pelatih: Jesus Casas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *