Menang Adu Penalti 3-0, Maroko Singkirkan Spanyol di 16 Besar Piala Dunia 2022

Tim nasional Maroko mengukir prestasi di panggung Piala Dunia 2022. Wakil Afrika itu berhasil mengamankan satu tempat di babak perempat final setelah melewati favorit juara, Spanyol.

Duel kedua tim berlangsung di Education City Stadium pada Selasa, 6 Desember 2022 tengah malam WIB. Tidak ada gol yang tercipa hingga 120 menit pertandingan.

Spanyol mendominasi pertandingan, namun tidak dalam hal efektivitas serangan. Meski kalah dalam “ball possession” skuad Singa Atlas mampu menciptakan sejumlah peluang berbahaya terutama melalui serangan balik cepat.

Pertandingan kemudian berlanjut ke babak adu penalti. Kiper Maroko, Yassine Bounou tampil cemerlang dengan menggagalkan tiga penendang Spanyol. Sementara itu, dari pihak Maroko hanya satu eksekutor yang gagal menjalankan tugas.

Tiga penendang Spanyol yang gagal menjalankan tugas adalah Pablo Sarabia, Carlos Soler, dan sang kapten, Sergio Buquets.

Tiga penendang Maroko yang sukses mengeksekusi tendangan dua belas pas adalah Sabiri, Hakim Ziyech, dan Asraf Hakimi. Penendang terakhir yang merupakan bek sayap Paris Saint-Germain (PSG) itu mengeksekusi dengan gaya panenka tanpa bisa digagalkan kiper La Furia Roja, Unai Simon.

Pelatih Spanyol, Luis Enrique mengaku kecewa dengan hasil tersebut. Namun, ia menolak untuk langsung meletakkan jabatan pelatih.

“Saya tidak bisa mengatakannya, karena saya tidak tahu. Tim nasional punya waktu. Saya sangat senang dengan Federasi Sepak Bola (FA) Spanyol, presiden dan dengan (direktur olahraga).”

Bila bisa memilih, eks juru taktik Barcelona itu mengatakan dirinya masih ingin bertahan. Namun, ia harus memikirkan dengan kepala dingin masa depan Tim Matador setelah peristiwa pahit ini.

“Bila terserah saya, maka saya akan terus bertahan sepanjang hidup saya, tetapi bukan itu masalahnya. Saya harus berpikir dengan tenang apa yang terbaik untuk saya dan untuk tim nasional. Semua situasi akan berpengaruh.”

Babak adu penalti

Sabiri gol! Maroko 1-0 Spanyol
Sarabia gagal! Maroko 1-0 Spanyol
Ziyech gol! Maroko 2-0 Spanyol
Soler gagal! Maroko 2-0 Spanyol
Benoun gagal! Maroko 2-0 Spanyol
Busquets gagal! Maroko 2-0 Spanyol
Hakimi gol! Maroko 3-0 Spanyol

Susunan pemain Maroko versus Spanyol:

Maroko (4-3-3): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Nayef Aguerd (84′ Jawad El Yamiq), Romain Saiss, Noussair Mazraoui (82′ Yahya Attia Attia Allah); Azzedine Ounahi (120′ Badr Benoun), Sofyan Amrabat, Selim Amallah (82′ Walid Cheddira); Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri (82′ Abdelhamid Sabiri), Sofiane Boufal (66′ Abdessamad Ezzalzouli).

Pelatih: Walid Regragui

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Marcos Llorente, Rodri, Aymeric Laporte, Jordi Alba (98′ Alejandro Balde); Gavi (63′ Carlos Soler), Sergio Busquets, Pedri; Ferran Torres (76′ Nico Williams, 119′ Pablo Sarabia), Marco Asensio (63′ Alvaro Morata), Dani Olmo (98′ Ansu Fati).

Pelatih: Luis Enrique

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *