Jonatan Christie ke Perempat Final Malaysia Open 2022

Langkah Jonatan Christie di Malaysia Open 2022 belum terbendung. Tunggal putri andalan Indonesia itu baru saja memastikan satu tempat di babak perempat final turnamen level 750 itu.

Jojo, begitu pemain kelahiran Jakarta itu disapa, berhasil melewati hadangan pemain Jepang, Kenta Nishimoto di babak 16 besar yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur pada Kamis, 30 Juni 2022 pagi WIB.

Melalui pertarungan panjang nyaris satu jam, Jojo akhirnya menang straight set, 21-18, 21-17.

“Puji Tuhan karena hari ini bisa bermain lebih menikmati dan kondisi lapangan juga jauh lebih baik, anginnya sudah tidak terlalu kencang dan akhirnya membuat permainan lebih seru,” beber Jojo usai laga melansir siaran pers Humas PP PBSI.

Jojo mengakui ia berhasil menerapkan strategi yang sudah disiapkan baik di babak pertama maupun babak kedua. Jojo tak menampik dirinya berusaha untuk mengedepankan faktor non-teknis untuk menekan sang lawan.

“Tadi sesuai rencana, di gim pertama dan kedua bisa menerapkan strategi dan pola yang tepat. Nishimoto pun terlihat kurang bisa keluar dari tekanan karena beberapa kali saat dia mau break, saya coba buat lawan dari segi non-teknisnya dulu. Karena kalau teknisnya sudah sama-sama tahu,” sambungnya.

Selanjutnya, Jojo akan menghadapi Prannoy H.S dari India pada Jumat, 1 Juli 2022 pagi WIB nanti. Jojo akan memanfaatkan waktu istirahat untuk memulihkan tenaga sebelum menghadapi pemain dari Negeri Anak Benua itu.

“Hari ini bermain cukup pagi jadi bisa punya waktu untuk istirahat. Menenangkan pikiran, memulihkan badan, otot dan tenaga agar bisa lebih maksimal untuk besok,” beber Jojo.

Jojo akan berdiskusi dengan pelatih terkait strategi yang akan diterapkan besok.

“Baru setelah itu saya diskusi dengan pelatih, strategi apa yang akan diterapkan juga menganalisa permainan lawan lewat video,” tutupnya.

Hasil positif juga diraih sejumlah wakil Merah-Putih di babak 32 besar. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani lolos ke babak 16 besar.

Bagas/Fikri menang atas pasangan Jerman, Jones Ralfy Jansen/Jan Colin Voelker, dengan skor 21-19, 21-6. Sementara, Ribka/Febby mengatasi ganda tuan rumah, Vivian Hoo/Lim Chiew Sien, juga straight set, 21-18, 21-17.

“Tadi di gim pertama kita beradaptasi di lapangannya masih agak lama, sehingga sempat tertinggal jauh. Tapi dari situ, Koh Ar (Aryono Miranat, pelatih ganda putra yang mendampingi di Malaysia) minta untuk lebih tenang lagi. Fokus satu poin demi satu poin akhirnya bisa mengejar,” tandas Fikri usai pertandingan.

Sementara Bagas menilai keduanya cenderung bermain tergesa-gesa di gim pertama. Untuk itu mereka akhirnya mengubah tempo permainan saat sempat tertinggal.

Kedunya bisa mendapatkan ritme permainan di babak kedua. Mereka pun bisa tampil lebih leluasa hingga mampu meraih kemenangan.

Bagas/Fikri menyusul para senior seperti Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *